Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Nani Bethan: Justeru Kami Mencairkan Seluruh Dinamika di Partai Lain

Nani Bethan: Justeru Kami Mencairkan Seluruh Dinamika di Partai Lain

(1083 Views) July 18, 2016 5:52 pm | Published by | No comment

Nani Bethan

LARANTUKA, aksiterkini.com –  “Golkar telah selesai menjalankan tahapan internal. Kemudian jika tahapan penyelesaian Golkar Flotim (Flores Timur) ini dianggap sebagai suatu langkah yang bisa merugikan Golkar sendiri, saya malah bingung. Justru saya malah berpikir sebaliknya. Bahwa Golkar telah memberikan penghargaan kepada partai lain untuk bisa mengambil bagian dalam proses yang sedang dilaksanakan Golkar. Ini penghargaan dan peluang bagi partai lain untuk segera menyelesaikan proses internal mereka.”

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai GOLKAR Flotim, Yoseph Sani Betan, ST kepada aksiterkini.com di kediamannya Desa Lamawalang, Larantuka, Sabtu (16/7).

Pernyataan Nani Betan, begitu ia disapa, sekaligus Ketua DPRD Flotim ini, merupakan tanggapan atas merebaknya berbagai analisa terkait penetapan Calon Bupati (Cabup) Partai Golkar Flotim kepada Valentinus Sama Tukan tanpa nama Calon Wakil Bupati (Cawabup) dengan surat DPP Golkar Nomor: 384/GOLKAR/VI/2016 tanggal 29 Juni 2016,  perihal: Penetapan Calon Kepala Daerah Kabupaten Flores Timur yang ditandatangani Ketua Harian H.A.M. Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham.

“Dengan langkah awal Golkar menetapkan keputusan calon bupati, sebenarnya sebuah langkah yang lebih baik ke depan dan mencairkan seluruh dinamika yang ada di partai lain. Justru Golkar telah melahirkan suatu dinamika baru dan lebih melonggarkan suatu keputusan bagi partai-partai lain. Golkar telah memberi angin segar,” katanya.

Dikatakannya, penentuan cabup saja tanpa adanya cawabup oleh Golkar disebabkan kesadaran atas fakta bahwa semua partai di Flotim, sejumlah 10, berdasarkan regulasi tentang mekanisme pencalonan, baik dengan pendekatan akumulasi suara maupun akumulasi kursi pada DPRD Flotim hasil pileg terakhir, tidak ada satu partaipun yang bisa menyalonkan calonnya sendiri.

Atas kondisi ini, lanjutnya, partai memproses seluruh mekanisme penetapan calon bupati maupun wakil bupati sesuai dengan mekanisme internal partai masing-masing yang diatur menurut AD/ART partai maupun aturan lainnya. Proses ini berjalan di semua partai. Kita tahu ada yang menjalankan proses pendaftaran baru melakukan survey. Hampir semua partai menjalankan mekanisme melalui survey. Bicara survey, maka ini pendekatan akademik melalui penelitian.

“Kami tidak bisa menetapkan pasangan calon karena mayoritas di Golkar, balon yang mendaftar secara perseorangan. Memang, dalam pendaftaran kemarin ada beberapa yang mendaftar dengan pasangannya, tetapi kami tidak serta merta gegabah mengambil keputusan tanpa pertimbangan matang. Maka dari itu, porsi cawabup kami serahkan kepada partai yang berkoalisi dengan Golkar,” ucapnya.

Oleh karena itu, terangnya, koalisi harus dibangun. Yang kuat tidak bisa menyatakan dia kuat dan yang lemah juga tidak bisa menyatakan dirinya lemah. Yang kursinya lebih banyak juga tidak bisa memonopoli, dan kursinya lebih sedikit tidak juga bisa menyatakan tidak berarti. Prinsipnya mesti saling membutuhkan.

“Contohnya kami di Golkar, dengan 5 kursi tidak bisa mengabaikan 1 kursi; begitu juga sebaliknya yang satu kursi juga tidak berarti apa-apa tanpa dilengkapi 5 kursi lainnya Sebagai ketua partai, saya telah menyelesaikan tanggung jawab saya dalam merampungkan mekanisme internal partai untuk menghasilkan calon. Baru tahap selanjutnya akan membangun pendekatan dengan partai lain setelah partai lainpun selesai merampungkan mekanisme internal mereka,” ungkap Betan.(rag)

Topik:
News:

No comment for Nani Bethan: Justeru Kami Mencairkan Seluruh Dinamika di Partai Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.