Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Misa Leva, Pastor Paroki Lamalera Pesan Untuk Jaga Persaudaraan di Levo

Misa Leva, Pastor Paroki Lamalera Pesan Untuk Jaga Persaudaraan di Levo

(172 Views) May 2, 2018 12:15 am | Published by | No comment

Pemberkatan oleh pastor.

LAMALERA, aksiterkini.com – Pastor Paroki Santu Petrus Paulus Lamalera, Romo Leo Lewokrore, Pr mengingatkan, umat Lamalera agar menjaga persaudaraan, damai sejahtera di levo (kampung) agar tetap ada. Ada banyak tantangan di depan tetapi kasih, cinta dan damai sejahtera yang Tuhan titipkan akan menguatkan.

“Jangan  berkelahi, kondisi di kampung saat ini seperti sudah kehilangan persaudaraan,” ujarnya saat memimpin misa leva –perayaan ekaristi untuk menandai dimulainya musim leva, Selasa, 1 Mei 2018, di pantai Lamalera.

Misa leva dihadiri sekitar seribuan orang. Tak hanya dari Lamalera tetapi luar Lamalera termasuk wisatawam asing.

Romo Leo yang didampingi Romo Martinus Kapitan, Pr yang akrab disapa Romo Ustan, mengatakan semua orang Lamalera yang pulang kampung dengan alasan mengikuti misa leva dan serangkaian upacara sebelumnya, tentu ingin menemukan persaudaraan di kampung ini dan membawa pulang kekuatan baru. “Jika pulang dan menemukan persudaraan retak bagaimana membawa pulang kekuatan baru dari kampung ke tempat kerja mereka.”

Romo Leo juga mengingatkan, tugas semua orang Lamalera di kampung dan yang berada di luar kampung menjaga damai. “Tidak hanya yang di levo tetapi yang di luar levo agar menjaga damai, jaga tutur kata dan bahasa agar Levo tetap damai.”

Umat antusias mengikuti misa Leva.

Misa diiringi koor yang didominasi lagu-lagu dalam  bahasa Lamalera oleh  leva alep (nelayan) dan dibantu pnete alep (perempuan).

Sebelum  berkat penutup, perahu-perahu di berkati di bangsalnya masing-masing. Meski upacara misa belum ditutup, sudah dilakukan upacara Tena Fule, yakni salah satu perahu melaut hari itu untuk membuat janji “pasar”. Padahal sebelum misa, sudah disampaikan urutan upacara termasuk upacara terakhir dalam tradisi adat tersebut.

Malam sebelumnya, dilakukan misa arwah di pantai untuk semua arwah yang meninggal di laut. Ribuan lilin diarungkan di laut Lamalera usai misa. Siang harinya sebelum misa arwah, dilalukan ritual Ie Gerek, memanggil dan membawa ikan paus dari tempatnya di gunung ke laut. Ritual ini dilakukan tua adat dari Lamawujon.(fince bataona)

http://aksiterkini.com/foto/2018/05/Misa-Leva-20

No comment for Misa Leva, Pastor Paroki Lamalera Pesan Untuk Jaga Persaudaraan di Levo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *