Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Mahasiswa OK Malang Gelar Lomba Atraksi Budaya

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Mahasiswa OK Malang Gelar Lomba Atraksi Budaya

(1019 Views) July 20, 2016 1:24 pm | Published by | No comment
Ohe2

Kades Kolontobo, Philipus Payong (kiri) dan Kornelis Kedaman

KOLONTOBO, aksiterkini.com – Mahasiswa Ohe Kolontobo Malang (HIMOKOM) menggelar perlombaan sejumlah atraksi budaya untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2016 mendatang. Kegiatan perlombaan ditujukan untuk melestrasikan budaya lokal yang nyaris hilang.

“Kami sengaja menggelar perlombaan ini supaya generasi muda jangan lupa dengan budaya Lamaholot. Sehingga, atraksi ini sengaja diangkat kembali agar generasi kami punya kepedulian kepada budaya dan melestarikannya,” ujar ketua panitia perlombaan, Kornelis Kedaman, yang juga aktivis HIMOKOM, kepada aksiterkini.com di sela-sela pembukaan perlombaan di Kolontobo, Ile Ape, Lembata, Rabu (20/7).

Perlombaan dibuka oleh Kepala Desa Kolontobo, Philipus Payong di lapangan bola kaki Ohe. Kades bahkan mengenakan pakaian adat, ketika memimpin acara pembukaan kegiatan HIMOKOM. Perangkat desa dan para tokoh masyarakat juga mengenakan pakaian adat. Tampak, pemerintah desa benar-benar mendukung kegiatan yang diprakarsai mahasiswa asal Ohe Kolontobo yang sedang menuntut ilmu di Kota Malang, Jawa Timur.

Ohe1

Kades Kolontobo menendang bola pertanda kegiatan perombaan dimulai.

“Momentum ini menyadarkan kita untuk bisa menerjemahkan budaya dan bisa memberikan arti budaya itu sendiri kepada generasi muda. Pendekatan budaya memberikan solusi terhadap setiap masalah sosial di Lewu Ohe Arakian, Tanah Kian Wailolon. Maka, pai pupul taan tou, puin taan kemuhin ehak, ihin pulo taan netan tou (mari bersatu padu dalam satu ikatan dan satu rumpun-Red),” ujar Kades Philipus Payong, dalam sambutannya.

Atraksi budaya yang diperlombakan antara lain ketangkasan bermain kote (gasing) untuk siswa SMP dan SMA, lomba pesu (permainan menggeser kulit siput/kerang/eba), lomba tue tnue (edang lelu/membuat benang dari kapas secara tradisional), panahan (memanah dengan busur tradisional), oreng (pantun tradisional dalam nyanyian) untuk siswa SMP hingga orang tua berusia 40-an tahun, dan soka sikan (tarian perang) khusus untuk anak SD hingga SMA.

Selain itu, juga digelar lomba tarik tambang, lari karung, bola kaki, bola voli, takraw dan bulutangkis.

Menurut Kornelis Kedaman, kegiatan akan digelar hingga 17 Agustus mendatang. “Tidak setiap hari dilakukan perlombaan. Kegiatan hanya dilakukan pada hari Rabu, Jumad dan Minggu pada sore mulai jam 14.00 Wita sampai selesai,” jelasnya. (fre)

No comment for Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Mahasiswa OK Malang Gelar Lomba Atraksi Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.