Menu Click to open Menus
Home » OPINI » Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Organ Tubuh Manusia Dengan  Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK Waibalun  I

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Organ Tubuh Manusia Dengan  Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK Waibalun  I

(773 Views) June 20, 2017 5:44 am | Published by | No comment

Oleh: Maria Bota Larantukan, S.Pd

Berdasarkan pengalaman peneliti, mengajar IPA di Kelas V SDK Waibalun I tentang bagian-bagian organ tubuh, belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Jumlah siswa SDK Waibalun I sebanyak 20 orang. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran hanya 8 (delapan) orang. Dimana, empat siswa memperoleh nilai 6, tiga siswa yang memperoleh nilai 7, dan satu siswa yang memperoleh nilai 8. Prosentase ketuntasan secara klasikal adalah 40%.

Dua belas siswa lainya tidak tuntas dalam pembelajaran. Dimana, 4 (empat) siswa yang memperoleh nilai 5, empat siswa yang memperoleh nilai 4, dua siswa yang memperoleh nilai 3, dan dua siswa memperoleh nilai 2. Prosentase ketidaktuntasan secara klasikal adalah 60%.

Masalah yang sering muncul adalah siswa dalam kondisi terpaksa harus menelan dan menghafal secara mekanis apa yang telah disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan siswa tidak memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat. Siswa menjadi tidak kreatif dan mandiri. Apalagi untuk berpikir inovatif.

Selain itu, pendekatan pembelajaran IPA masih menggunakan pendekatan tradisional. Yaitu, duduk, dengar, catat, dan hafal. Pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menarik. Akibatnya, hasil yang dicapai tidak memuaskan. Waktu untuk mengerjakan soal pun terasa lebih lama sehingga tidak semua soal dapat dijawab dengan cepat dan benar.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggunakan media gambar. Media gambar digunakan guru dalam media pembelajaran untuk membantu siswa melihat dan mengekspresikan gambar tersebut dalam sebuah tulisan. Gambar yang ditampilkan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Upaya ini dimaksudkan juga untuk menggali imajinasi siswa yang ditemukan dalam dalam gambar dan dituangkan dalam tulisan sesuai dengan materi yang diajarkan.

Tujuan khusus penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar terutama organ tubuh manusia pada mata pelajaran IPA.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan memiliki beberapa kegunaan. Adapun kegunaan yang diharapkan adalah sebagai berikut : (1) Bagi Siswa : Siswa dapat meningkatkan hasil belajar dengan kemampuan menyelesaikan soal tentang organ tubuh manusia dengan menggunakan media gambar. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif, kreatif dan menyenangkan. (2) Bagi Guru: Dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman tentang penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai langkah awal untuk penelitian selanjutnya. (3) Bagi Sekolah : Sebagai masukan bagi guru SD dalam mengajarkan mata pelajaran IPA tentang organ tubuh manusia dengan menggunakan media gambar. Sebagai acuan untuk melakukan kegiatan yang sejenis. (4) Bagi Peneliti : Hasil dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan peneliti khususnya yang berkaitan dengan judul meningkatkan hasil belajar IPA tentang organ tubuh manusia pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar.

Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan salah satu cara untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di kelas dengan melihat berbagai indikator keberhasilan proses dan hasil pembelajaran yang pada peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua, tahun ajaran 2015/2016. Tepatnya pada bulan Maret – Juni 2016. Tempat penelitian pada SDK Waibalun I, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Subyek penelitian adalah  siswa kelas V  SDK Waibalun I yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari  8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dengan kemampuan yang berbeda.

Pelaksanaan kegiatan siklus I adalah memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan tentang organ tubuh manusia (alat pernapasan pada manusia). Membagikan siswa ke dalam kelompok untuk melakukan kegiatan kerja kelompok dengan materi organ tubuh manusia. Mempresentasikan hasil kerjanya. Mengevaluasi hasil kerja kelompok.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tahapan pelaksanaan siklus II adalah memotivasi peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang organ tubuh manusia (alat pernapasan pada manusia). Membagikan peserta didik ke dalam kelompok untuk melakukan kegiatan kerja kelompok dengan materi organ tubuh manusia. Mempresentasikan hasil kerjanya. Mengevaluasi hasil kerja kelompok.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes dan observasi.

Pembahasan

Pada pembelajaran siklus I, siswa dimotivasi dengan pertanyaan tentang organ tubuh manusia (alat pernapasan pada manusia), membagikan siswa ke dalam kelompok untuk melakukan kegiatan kerja kelompok dengan materi alat pernapasan manusia, mempresentasikan hasil kerjanya dan mengevaluasi hasil kerja kelompok. Jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 8 orang dengan prosentase keaktifan sebesar 40%, siswa yang kurang aktif ada 12 orang dengan prosentase sebesar 60% dan tidak ada siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran siklus I.

Sedangkan hasil observasi guru siklus I menunjukkan jumlah nilai yang diperoleh dalam observasi guru siklus I adalah 15,39, dengan rata-rata skor adalah 3,85. Dengan melihat hasil yang diperoleh guru maka guru dikatakan baik dalam melaksanakan pembelajaran siklus I. Jumlah nilai siswa siklus I adalah 117, rata-rata kelas 5,85. Prosentase ketuntasan secara klasikal 45%.

Melihat hasil yang ada pada siklus I maka peneliti dan guru pengamat melakukan refleksi. Hasil yang diperoleh dari refleksi adalah guru belum menyediakan media pembelajaran sehingga siswa kurang mengerti tentang materi yang disampaikan dalam pembelajaran. Akibat dari pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran siswa kurang aktif dalam pembalajaran. Hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran siklus I belum menunjukkan hasil yang memuaskan sehingga perlu diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II.

Pada pertemuan siklus II, siswa dimotivasi dengan pertanyaan tentang organ tubuh manusia (alat pernapasan pada manusia), membagi siswa ke dalam kelompok untuk melakukan kegiatan kerja kelompok dengan materi alat pernapasan manusia, mejelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan media gambar.

Siswa mengerjakan soal yang diberikan dengan menggunakan media gambar dan mempresentasikan hasil kerjanya. Di akhir pembelajaran guru memberikan tes siklus II.

Hasil observasi siswa menunjukkan bahwa semua siswa aktif dalam pembelajaran dengan prosentase 100%. Dan hasil observasi guru menunjukkan bahwa jumlah nilai yang diperoleh dalam observasi guru siklus II adalah 15,90, dengan rata-rata skor adalah 3,97. Dengan melihat hasil yang diperoleh guru maka guru dikatakan baik dalam melaksanakan pembelajaran siklus II.

Pembelajaran siklus II diakhiri dengan pemberian post tes. Hasil post tes siklus II menunjukkan bahwa semua siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan prosentase 100%. Jumlah nilai siklus II adalah 168 dengan rata-rata kelas 8,4.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil observasi siswa, observasi guru serta hasil evaluasi yang diperoleh pada siklus I dan siklus II  dikatakan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Waibalun I, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, tahun ajaran 2015/2016.

Saran

Berdasarkan hasil yang diperoleh siklus I dan siklus II maka peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut : Sebaiknya guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA tentang organ tubuh manusia. Penggunaan media pembelajaran sangat membantu siswa dalam melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.

Merekomodasikan bahwa media gambar sebagai media yang mampu mengoptimalkan pembelajaran di sekolah dasar pada mata pelajaran IPA tentang organ tubuh manusia.(*)

Topik: , ,
News:

No comment for Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Organ Tubuh Manusia Dengan  Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDK Waibalun  I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *