Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Lokakarya  Kemitraan Program GSC Ile Ape; Kesehatan dan Pendidikan Jadi Prioritas Kegiatan

Lokakarya  Kemitraan Program GSC Ile Ape; Kesehatan dan Pendidikan Jadi Prioritas Kegiatan

(149 Views) December 16, 2017 3:24 pm | Published by | No comment

Penandatanganan komitmen bersama oleh semua kades, penyedia layanan kecamatan, wakil PLAN Internasional area Lembata, PKGBM dan LSM lainnya. (foto: GSC Ile Ape)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Lokakarya Kemitraan Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Kecamatan Ile Ape berkomitmen mendorong  kegiatan pelayanan sosial dasar khususnya kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pedomannya pada tipologi desa dalam penyusunan  RKPDES dan APBDES Tahun Anggaran (TA) 2018 di masing-masing desa.

Demikian butir pertama komitmen bersama sebagai hasil dari lokakarya Kemitraan Program GSC Kecamatan Ile Ape yang digelar, Jumat (16/12/2017), di aula kantor Camat Ile Ape. Lokakarya tersebut diikuti Penyedia Layanan Kabupaten dan Kecamatan, LSM, BKAD, UPK, PL, PD, kepala desa, sekretaris desa, BPD, KPMD, bidan desa dan tokoh pendidik.

Komitmen lainnya dari Lokakarya tersebut antara lain, mengembangkan kelembagaan dan kegiatan Posyandu sesuai arah transformasi  posyandu melalui sepuluh kegiatan Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu serta penganggaran melalui APBDES 2018 sesuai kebutuhan masing-masing desa.

Pada butir ketiga  komitmen bersama, disebutkan, “Membangun kerja sama  pemangku kepentingan desa melalui koordinasi perencanaan pembangunan desa dalam memprioritaskan kegiatan pelayanan sosial dasar  di desa.”

Keempat, membuat regulasi desa untuk memperkuat kelembagaan dan kegiatan  yang berkaitan dengan pelayanan sosial dasar di desa khususnya pada bidang kesehatan dan pendidikan.

Penyerahan hadiah lomba menulis, penyuluhan KIA, mewarnai tingkat PAUD, DDTK Kecamatan Ile Ape bersamaan dengan kegiatan lokakarya. (foto: GSC Ile Ape)

Kelima, mengembangkan sistem informasi desa melalui media komunitas dengan memanfaatkan sumber daya desa secara berkelanjutan.

Fasilitator GSC Kabupaten Lembata, Yosep Frande pada acara pembukaan kegiatan menyampaikan apa yang dihasilkan dalam lokakarya tingkat kecamatan akan dilanjutkan dalam kegiatan serupa di tingkat kabupaten tanggal 21 Desember 2017.

Sementara Seketaris Kecamatan Ile Ape,  Petrus Demong yang membuka kegiatan lokakarya mengatakan terima kasihnya untuk para pelaku kegiatan program GSC di tingkat kecamatan hingga desa. “Pengabdian dan sentuhan program ini baru dirasakan pada 15-20  tahun mendatang,” ujarnya.

Seperti disampaikan Ketua Panitia Maria Yanti, Lokakarya juga diisi dengan acara pembagian hadiah kepada para juara lomba mewarnai, menulis dari desa serta penyuluhan kader. (fince bataona)

No comment for Lokakarya  Kemitraan Program GSC Ile Ape; Kesehatan dan Pendidikan Jadi Prioritas Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *