Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Lepas Jamaah Calon Haji, Wabup Langoday : Tolong Doakan Kami Pemerintah dan Masyarakat

Lepas Jamaah Calon Haji, Wabup Langoday : Tolong Doakan Kami Pemerintah dan Masyarakat

(189 Views) August 6, 2018 2:24 am | Published by | No comment

Wabup Langoday bersaam dengan para jamaah calon haji. (Foto: Andre Atagoran)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday melepas delapan Jamaah Calon Haji Kabupaten Lembata secara simbolik di Aula Kantor Bupati Lembata, Sabtu (4/8/2018). Wabup Langoday meminta para Jamaah Haji mendoakan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lembata agar selalu dilindungi Tuhan yang Maha Esa.

“Cukup satu kalimat saja, di Tanah Suci nanti tolong doakan kami pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lembata agar semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan dalam usaha membangun Lembata,” ucap Wabup Langoday, dalam sambutannya.

Disaksikan ratusan umat yang hadir, Wabup Langoday juga menyerahkan tiket perjalanan dari Lembata – Kupang – Surabaya kepada delapan jamaah calon haji yang akan berangkat.

Pemerintah Kabupaten Lembata menanggung tiket para jamaah calon haji dari Lembata-Surabaya-Lembata pulang pergi. “Pemda masih bantu sampai Surabaya, kita doakan saja mudah-mudahan kedepan bisa sampai ke Mekkah,” imbuh Wabup Langoday.

Wabup Langoday juga berharap agar para jamaah calon haji tetap menjaga kondisi fisik agar bisa menjalankan Ibadah Haji dengan lancar hingga kembali ke tanah air.

“Kami yakin, bapa mama yang berangkat menunaikan Ibadah Haji ini pasti sudah mendapat restu dari Tuhan dan Lewotana-Leu Auq. Sehingga bapa mama mereka berangkat dan pulang juga dengan kondisi yang sama,” kata Wabup Langoday diamini ratusan umat yang hadir.

Para Jamaah Calon Haji Kabupaten Lembata tergabung dalam pemberangkatan gelombang kedua Regu 16 Rombongan IV Embarkasih Surabaya.

Para jamaah calon haji akan berangkat menuju Kupang pada Minggu (5/8) lalu menuju Surabaya pada Rabu (8/8) dan menginap di Asrama Haji Sukolilo.

Pada Kamis (9/8) para jamaah calon haji akan berangkat menuju Mekkah melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah, Arab Saudi menggunakan maskapai Saudi Arabia Air Line.

“Di Arab Saudi nanti para jamaah calon haji akan menginap di hotel di daerah Reibast yang jaraknya hanya sekitar 700-1200 meter dari Mesjidil Haram,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lembata, Haji Ishak Sulaiman, S.Ag.

Kedelapan jemaah calon haji tampak sumringah saat mengikuti acara pelepasan. Jemaah calon haji itu adalah Akhmad Yani Husen, Marwiah Akhmad Yani, Butu Pati Sarabiti, Aminah Ismail Paokuma, Abdul Rauf Zainudin, Amrilah Tibu Hala, Ibrahum Tugu Baru, dan Soemiati Fadelan Kandar.

Butu Pati Sarabiti mengaku bahagia dan bersyukur setelah menunggu selama lima tahun untuk berangkat ke tanah suci, Mekah. “Saya daftar tahun 2015 tapi sekarang baru bisa berangkat. Selama menunggu saya selalu berdoa agar secepatnya bisa berangkat,” kata Butu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata, Haji Ishak Sulaiman, S.Ag mengatakan, delapan calon jemaah haji ini telah mendaftar dan melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sejak tahun 2012.

“Pelunasan BPIH untuk Jamaah Haji NTT tahun 2018 ini dilakukan oleh jamaah haji yang mendaftar sejak bulan Mei-Agustus 2012. Dan ketika itu yang mendaftar pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata hanya sebanyak 5 orang,” kata Haji Ishak.

Setelah pelunasan haji tahap pertama selesai dilakukan secara nasional, Kabupaten Lembata mendapat tambahan sebanyak 5 orang sehingga sehingga calon jemaah haji tahun 2018 sebanyak 10 orang.

Namun karena dua calon jemaah haji mengajukan permohonan mutasi ke Provinsi Jawa Tengah sehingga jemaah haji Lembata yang berangkat sejumlah delapan orang.

Haji Ishak menerangkan, ratusan umat turut mengikuti ini dengan harapan dan doa agar kedelapan calon jemaah haji ini bisa mengikuti ibadah haji dengan lancar hingga pulang ke tanah air.(*/fre)

No comment for Lepas Jamaah Calon Haji, Wabup Langoday : Tolong Doakan Kami Pemerintah dan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.