Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Lembata Dapat Hibah Pembangunan 5 Menara BTS

Lembata Dapat Hibah Pembangunan 5 Menara BTS

(212 Views) May 4, 2018 2:59 am | Published by | No comment

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lembata, Karel Burin, ketika menyerahkan proposal dari Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur kepada Anggota Komisi l DPR RI, Andreas Hugo Parera, di Gedung Nusantara l Senayan, Jakarta, (10/4) lalu.

LEWOLEBA, aksiterkini – Kabupaten Lembata, Provinsi NTT mendapat hibah Pembangunan 5 (lima) unit menara Base Transceiver Station (BTS) untuk tahun 2018 dari 37 BTS yang diusulkan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lembata, Karel Burin mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi Jumat, (4/5) di Lewoleba. “Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur telah mengusulkan pembangunan 37 Menara BTS di Kabupaten Lembata karena berdasarkan hasil survey pada umumnya 37 titik itu masih ‘Bankspot’ sehingga sangat dibutuhkan pembangunan Menara BTS agar masyarakat dapat terakses jaringan telekomunikasi,” ujar Karel Burin.

Mantan Kabag Humas Setda Lembata itu mengatakan, ternyata usulan Bupati Sunur mendapat respon positip dari Kementerian Kominfo, khususnya dari Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). “Dari 37 BTS yang diusulkan Bupati Sunur,” jelas Karel Burin, telah disetujui 5 unit Menara BTS untuk dibangun di Kabupaten Lembata.

Usulan Bupati Lembata selain diajukan melalui proposal ke Kementerian Kominfo, demikian Karel Burin, diajukan pula ke Komisi l dan diterima langsung oleh Anggota Komisi l DPR RI, Andreas Hugo Parera, dan diserahkan saya sendiri di Senayan Jakarta, tutur Karel Burin.

Menurut Karel Burin, setelah Kementerian Kominfo menerima usulan Bupati Sunur, pihak BP3TI melalui Direktur Penyediaan Infrastruktur,Dika Anugerah langsung menugaskan pihak ketiga yakni PT. Industri Telekomunikasi Indonesia ditunjuk untuk melakukan pendampingan Survey Kandidat Lokasi Program Pembangunan BTD di Wlayah Balnkspot Tahun Anggaran 2018.

Ditegaskan Dika Anugerah, bahwa pihak penyedia hanya dapat melakukan survey dilokasi yang telah ditetapkan dan lokasi cadangan tiga lokasi. Jika pada saat survey, kata Anugerah, terjadi perubahan lokasi survey diluar lokasi yang ditetapkan, maka SKPD terkait wajib melaporkan dengan surat permohonan kepada Direktur Utama BP3TI di Jakarta.

Lebih lanjut Karel Burin, mantan Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Lembata itu mengatakan, Kabupaten Lembata mendapat hibah pembangunan 5 unit Menara BTS yakni di Desa Rumang l (Kecamatan Buyasuri), Desa Wiwong (Kecamatan Omesuri), Desa Seranggorang (Kecamatan Lebatukan), Desa Lerek (Kecamatan Atadei), dan Desa Belobao (Kecamatan Wulandoni).

Saat ini, petugas Servey dari PT. Industri Telekomunikasi Indonesia yakni, Aye Assagaf dan Ima Assagaf sudah berada di Lembata sejak Selasa, (1/5) untuk melakukan survey lokasi, dan diharapkan pada akhir Mei ini, 5 BTS sudah dapat dibangun, tutur Karek Burin sembari mengangatkan masyarakat harus merasa memiliki BTS tersebut karena ini.merupakan hibah dari Pemerintah Pusat.

“Selain itu, masyarakat harus membebaskan tanah lokasi BTS seluas 20 x 20 meter untuk pembangunan Menara BTS, jika tidak disanggupi, maka masih ada desa lainnya yang antri dan ikhlas membebaskan tanah,” ujar Karel Burin.(fre)

No comment for Lembata Dapat Hibah Pembangunan 5 Menara BTS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.