Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Launching Festival Tiga Gunung, Pejabat Lembata Rame-Rame Ke Jakarta; Bupati Sunur : Kejar Moment !

Launching Festival Tiga Gunung, Pejabat Lembata Rame-Rame Ke Jakarta; Bupati Sunur : Kejar Moment !

(308 Views) May 5, 2018 3:54 pm | Published by | No comment

Bupati Eliaser Yentji Sunur didampingi Haji Krisnam, Markus Labi Waleng dan Longginus Lega, ketika menggelar jumpa pers di kediamannya, Kuma Resort. (foto: freddy wahon)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Tekad Pemerintah Kabupaten Lembata untuk mempromosikan potensi wisata daerah sudah bulat. Setelah gunung Batu Tara meraih juara kategori Destinasi Wisata Unik Terpopuler tahun 2017 lalu, Pemkab Lembata langsung tancap gas melaunching Festival Tiga Gunung –Batu Tara, Ile Lewotolok dan Ile Werung. Pejabat Pemkab Lembata pun rame-rame melakukan perjalanan dinas ke Jakarta.

Kloter pertama rombongan pejabat Pemkab Lembata yang terbang ke Jakarta, berangkat melalui bandara Wuno Pito, Lewoleba, Sabtu (5/5/2018). Kloter kedua terbang dari Lewoleba, Minggu (6/5/2018). Launching akan digelar pada Senin (7/5/2017) di Jakarta. Ada juga beberapa wartawan yang dibiayai Pemkab Lembata untuk meliput kegiatan launching di Jakarta.

Pilihan kota Jakarta sebagai tempat pelaksanaan launching, menurut Bupati Eliaser Yentji Sunur, adalah untuk mempengaruhi kebijakan Pemerintah Pusat dalam menetapkan kalender even pariwisata nasional.

“Kalau tujuannya untuk menggaet wisatawan maka kita launching di Bali. Tapi, ini untuk mempengaruhi kebijakan, sehingga kita launching di Jakarta. Dan, saya berharap dihadiri Menteri Pariwisata atau sekurang-kurangnya Dirjen Promosi Pariwisata, bukan Dirjen Pengembangan Destinasi Wisata atau lainnya. Karena yang urus kalender wisata adalah Dirjen Promosi,” tandas Yentji Sunur dalam jumpa pers dengan wartawan di Kuma Resort, Jumat (4/5/2018) malam.

Jumpa pers yang dihadiri pula wartawan senior yang juga keluarga dekat Yenti Sunur, Haji Krisnam Amrullah, serta Kepala Dinas Infokom, Markus Labi Waleng dan Kadis Perpustakaan, Longginus Lega, Bupati Sunur mengungkapkan optimismenya terhadap suksesnya pelaksanaan kegiatan akbar Festival Tiga Gunung. Dia menggunakan nama tiga gunung karena gunung Batu Tara adalah satu dari tiga destinasi wisata di NTT yang meraih juara. Dua lainnya, adalah Teluk Maumere di Sikka sebagai destinasi menyelam terpopuler, dan Pantai Tarimbang di Sumba Timur sebagai tempat selancar terpopuler.

Bupati Sunur sangat berharap agar Festival Tiga Gunung dan kalender pariwisata Lembata bisa ditetapkan menjadi bagian dari kalender pariwisata nasional. “Jika kalender pariwisata kita sudah ditetapkan maka dengan sendirinya wisatawan akan datang,” tandasnya, bersemangat.

Menjawab pertanyaan wartawan soal realitas di masyarakat yang sama sekali tidak menampakan geliat menyongsong Festival Tiga Gunung, Bupati Sunur menegaskan bahwa berbagai persiapan sedang dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan ini. “Ini soal momentum. Kita tidak bisa tunggu semua siap baru launching. Sambil semua dipersiapkan, kelompok-kelompok kreatif, kelompok seni dan pengerjaan perbaikan jalan-jalan dilakukan, launching harus sudah dilakukan. Kita kejar moment. Jangan sampe kita terlambat,” tandasnya, enteng.

Dijelaskan bahwa masyarakat akan didorong untuk memamerkan budaya lokal untuk dijual kepada wisatawan. “Silahkan masing-masing desa untuk menampilkan budayanya yang asli untuk dipromosikan. Kita akan pilih mana yang bisa dijual. Itu yang akan kita promosikan, seperti Hadok (tinju tradisional-Red) di Atadei atau disebut Baku Bente di Balauring,” jelas Bupati Sunur.

Bupati Sunur mengajak wartawan untuk mendukung kegiatan ini. “Kalian boleh tulis apa saja, tapi tolong sertakan langkah penyelesaiannya. Ada jalan keluarnya, sehingga pemerintah juga terbantu. Yang penting kita tidak menghambat investor yang mau melakukan investasi disini,” ujarnya, berharap.(fre/ona/sius)

No comment for Launching Festival Tiga Gunung, Pejabat Lembata Rame-Rame Ke Jakarta; Bupati Sunur : Kejar Moment !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.