Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Lapas Klas III Lewoleba Over Kapasitas

Lapas Klas III Lewoleba Over Kapasitas

(442 Views) August 17, 2017 12:00 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Lembaga pemasyaraktan Klas III Lewoleba kini mengalami berbagai kekurangan baik kapasitas blok maupun personel Lapas. Lembaga pemasyarakatan yang seyogiayanya hanya dapat menampung 50 penghuni, kini ditempati 83 warga binaan. Sementara lapas tersebut hanya dijaga 8 petugas, dari total 19 personel.

Hal tersebut disampaikan Kalapas Lewoleba, Andi Mulyadi, Kamis (17/8). Dikatakan, Akibtat over kapasitas ini, para penghuni lapas hars berbagi kasur utuk tidur, sementara kamar atau blok yang sedianya ditempati dua hingga 4 empat orang harus bertambah.

“Memang susahnya pera warga binaan harus berbagi kasur. Tetapi soal ruangan masih cukup besar. Tidak berdesak-desakan seperti di lapas-lapas besar. Tetapi kondisi ini butuh pembenahan, sebab para terpidana masih terus bertambah,” ujar Kalapas Klas III Lewoleba, Andi Mulyadi.

Mulyadi menyebutkan, Lapas klas III Lewoleba sudah mau naik kelas, dari klas III menjadi Klas II B. Dalam statusnya sebagai lapas klas IIB, nantinya mampu menampung 150 narapidana.

“Kita sudah usulkan penambahan blok yang akan dikerjakan Tahun ini. Kalau kelasnya sudah meningkat pasti ada penambahan staf dan perbaikan fasilitas lainnya. Akan tetapi kedepannya, lapas ini luasnya cuman 2 Ha, idealnya harus 5 Ha. Sehingga kita minta kerjasama dengan pemerintah daerah untuk memberikan lahan untuk pembangunan lapas,” ujar Mulyadi.

Sementara itu, hingga saat ini Lapas klas III Lewoleba dihuni oleh Narapidana yang melanggar UU Perlindungan anak yakni sebesar 38,6%, disusul kasus pembunuhan 16,8%, Penganiayaan 4,9%, Disusul Kesusilaan 3,9%, Narkotika 3,9%, Pencurian 2,9%, Traficking 0,9%, dan kasus lain-lain 21,8 prosen. (san taum)

Topik:
News:

No comment for Lapas Klas III Lewoleba Over Kapasitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.