Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Lamafa Benyamin Hilang Saat Menikam Ikan Pari

Lamafa Benyamin Hilang Saat Menikam Ikan Pari

(1955 Views) May 11, 2018 9:22 am | Published by | 2 Comments

Benyamin Blikololong, sang lamafa yang hilang saat menikam pari. (Foto: Istimewa)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Benyamin Blikololong (31), nelayan Desa Lamalera B mendadak hilang saat dirinya menikam ikan pari, Jumat (11/5/2018) sekitar pukul 09.00 Wita. Diduga kuat, kaki Benyamin terlilit tali dan terseret di kedalaman laut  bersama ikan pari.

Hingga berita ini ditulis pukul 15.00 Wita, Lamafa Benyamin belum juga ditemukan. Berbagai upaya pencarian sedang dilakukan masyarakat setempat.

Sebagaimana dituturkan beberapa warga yang dihubungi terpisah dari Lewoleba, hampir seluruh perahu dikerahkan untuk mencari. Sementara kaum perempuan dan anak-anak serta mereka yang tidak bisa melaut menunggu di pantai. Suasana duka dirasakan seluruh kampung.

Kepala Desa Lamalera A, Yosep Dasion yang ikut dalam pencarian menuturkan keterangan yang diperolehnya menyebutkan, setelah menikam ikan, Benyamin yang seorang lamafa, sudah berenang ke dekat perahu dan ikan sedang ditarik mendekat ke sisi perahu namun mendadak ikan memberontak. Diduga saat itulah kaki Benyamin terbelit tali temali dan ikut terseret  ke kedalaman laut. Sewaktu menarik tali lagi, ikan sudah terlepas dan ayah dua anak itu juga tidak ada.

“Katanya dia (Benyamin) sempat berteriak kalau kakinya terbelit tali. Tapi karena ikan bergerak dengan cepat ke kedalaman laut sehingga mereka tidak bisa menolong,” tutur Dasion

Dasion juga mengaku para tua adat sudah melakukan ritual adat agar Tuhan dan  leluhur memberi petunjuk keberadaan Benyamin.

“Dalam keyakinan kita, saat pergi melaut semuanya harus dalam keadaan damai. Hati yang bersih. Tidak sedang marah atau tidak berdamai dengan siapapun. Itu juga yang kami lihat dari peristiwa yang terjadi hari ini,” ujarnya.

Sebagaimana biasanya, pagi hari adalah waktunya pergi melaut bagi para nelayan Lamalera  di musim leva (melaut) saat ini. Demikian juga yang dilakukan Benyamin. Sebagai Lamafa, dia pergi melaut bersama beberapa orang nelayan dengan perahu milik mereka bernama canibal.(fince bataona)

2 Comments for Lamafa Benyamin Hilang Saat Menikam Ikan Pari

  • Frans Lengari says:

    Kita doakan bersama minta petunjuk Tuhan dan leluhur Lamalera utk boleh menunjukkan keberadaan sdra kita ini walau mungkin ini takdir buat beliau. Mohon petunjukmu Tuhan

  • Laba Fransiskus says:

    Kita doakan bersama minta petunjuk Tuhan dan leluhur Lamalera utk boleh menunjukkan keberadaan sdra kita ini walau mungkin ini takdir buat beliau. Mohon petunjukmu Tuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.