Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Koperindag Lembata: Turunkan Harga Barang

Koperindag Lembata: Turunkan Harga Barang

(1496 Views) April 19, 2016 10:57 am | Published by | No comment
IMG_5688

Tol Laut ketika sandar di pelabuhan laut Lewoleba, Lembata.

LEMBATA, aksiterkini.com—Sudah tiga kali kapal Tol Laut menyinggahi pelabuhan Lewoleba, namun para pengusaha belum juga menyesuaikan harga jual barang kebutuhan pokok, penting dan barang strategis lainnya. Padahal, biaya angkutan disubsidi sebesar 50% dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. Ini yang bikin Dinas Koperindag Lembata selaku pengelola Program Nasional Gerai Maritim mendukung Tol Laut di Lewoleba kecewa berat.

Di Lembata, ada 14 pelaku usaha yang menggunakan jasa Tol Laut. Sehingga harga jual barang di Lewoleba seharusnya sudah turun dengan kisaran 20 – 30 % dari harga sebelum menggunakan jasa angkutan Tol Laut.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Lembata, Mikhael Boli, SE yang ditemui aksiterkini.com di Lewoleba, Selasa (19/4/2016), menyebutkan pihaknya sudah menyurati para pelaku usaha pengguna jasa angkutan barang tol laut untuk segera melakukan penyesuaian harga jual barangnya. “Terus terang kita kecewa. Bagaimana harga tidak bisa turun sementara subsidinya sampai 50%? Kita sudah mulai distribusikan surat penegasan penyesuaian harga itu mulai hari ini. Kita akan beri peringatan sebanyak tiga kali. Jika dalam tiga kali peringatan surat itu pun tidak diindahkan maka kita akan ambil tindakan sesuai ketentuan yang ada. Sebab Tol laut sudah masuk tiga kali,” tandas Mikhael Boli.

Berikut nama para pelaku usaha di Lewoleba yang  menggunakan jasa angkutan barang tol laut :

No Nama Distributor Nama Toko Alamat
1 Ridwan Woeyanto Surya Kasih Lewoleba
2 San Lelaona Cipta Karya Lewoleba
3 Bonefasius Lembata Surya Lembata Lewoleba
4 Hj. Nur Mila Nasir Tri Karya Wangatoa
5 Yoseph Suhartojo Naga Mas Lewoleba
6 Sherly Arif Lima Satu Wangatoa
7 Erna Perdana Kota Baru
8 Kristoforus Himalaya I Lewoleba
9 Robby Himalaya II Lewoleba
10 Benediktus Lelaona Taruna Jaya Lewoleba
11 Bruno Making Mekar Jaya Kota Baru
12 Hany Bintang Timur Wangatoa
13 Boge/Jimmy Kota Baru Rayuan
14 Kristoforus Wijaya Toko Central Kota Baru

Sumber : Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Lembata

Dari data para pelaku usaha tersebut, menurut hasil  pantauan harga oleh Koperindag Lembata, baru Toko Naga Mas milik Yoseph Suhartojo yang sudah melakukan penyesuaian harga dengan menurunkan harga jual barangnya, seperti minyak bimoli. Sayangnya, data packing list  barang milik 14 pengusaha tersebut belum berhasil dimiliki aksiterkini.com. Dengan data packing list para pedagang kecil/pengecer atau pembeli bisa mengecek atau mengetahui langsung perbedaan harga jual barang tersebut sebelum dan sesudah menggunakan jasa Tol Laut. (ryan lein)

Topik:
News:

No comment for Koperindag Lembata: Turunkan Harga Barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.