Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Kolontobo Gelar Survey Potensi Desa

Kolontobo Gelar Survey Potensi Desa

(855 Views) April 19, 2016 10:50 am | Published by | 1 Comment
Philipus Payong

Philipus Payong, Kades Kolontobo

OHE,aksiterkini.com—Pemerintah Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata berencana melakukan survey potensi desa setempat. Ini dilakukan agar perencanaan pembangunan desa dilakukan berbasis pada data potensi yang riil dan obyektif.

Kelapa Desa Kolontobo, Philipus Payong yang ditemui di Ohe, Desa Kolontobo, Selasa (19/4/2016) menjelaskan, survey potensi dilakukan dari daerah pesisir pantai hingga puncak gunung Ile Lewotolok.

“Dengan begitu, sekalipun saya berhenti dari kepala desa, pembangunan di Kolontobo tetap menggunakan data yang ada. Rencananya kegiatan ini melibatkan segenap stakeholder, baik pemerintah kabupaten dan kecamatan, maupun masyarakat desa setempat,” ujarnya, kepada aksiterkini.com.

Kawasan pesisir Kolontobo sudah dikembangkan menjadi kawasan wisata Pantai Epo. Juga, dilakukan pengembangan tanaman bakau guna menahan laju abrasi. Sedangkan, kawasan gunung, saat ini, sedang ada kegiatan perlindungan mata air. “Debit airnya kecil, tapi kami terus melakukan reboisasi. Mudah-mudahan reboisasi yang kami lakukan di sekitar mata air bisa meningkatkan debit air tersebut,” ucapnya, berharap.

Lebih jauh, Payong menjelaskan bahwa hamparan lahan di desanya masih cukup banyak yang belum diolah. Dia berharap, survey potensi ini bisa memberikan dampak bagi pemanfaatan lahan secara tepat.

“Kalau survey nantinya bisa menghasilkan perencanaan pemanfaatan lahan, maka akan kami ikuti. Kita upayakan agar penempatan embung, jebakan air, dan jenis tanaman yang akan dikembangkan dapat terbaca dari survey ini. Lahan yang ada masih cukup luas, tapi belum dimanfaatkan secara optimal karena rendahnya curah hujan,” ujarnya.

Dia menuturkan bahwa kegiatan survey akan dilakukan pada awal bulan Juni mendatang. “Kami rencanakan tanggal 6 Juni nanti. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” ujar Kades Payong. (fre)

 

 

 

 

Topik:
News:

1 Comment for Kolontobo Gelar Survey Potensi Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *