Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Kolin: Saya Baru Disampaikan Jadi Balon Wabup Flotim

Kolin: Saya Baru Disampaikan Jadi Balon Wabup Flotim

(2047 Views) April 25, 2016 2:14 pm | Published by | 1 Comment
FB_IMG_1461323642852

Michael H. Kolin

LARANTUKA, aksiterkini.com—Tak seperti kebanyakan partai, hal unik muncul dari Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia Flores Timur (Flotim) dalam tahapan pendaftaran bakal calon untuk Pilkada 2017. Meskipun tak mendaftarkan dirinya, Ketua DPK PKP Indonesia Flotim, Michael H. Kolin, didaftarkan atas inisiatif pengurus partai ini. Ia bahkan baru disampaikan untuk didaftar jadi bakal calon wakil bupati.

Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Flotim Periode 2017-2022 DKP PKP Indonesia Flotim, Petrus Paulus Tadon Kedang menuturkan ketua DPK PKP Indonesia Flotim, Michael Kolin dianggap perlu didaftarkan dalam bursa pencalonan guna mencari pemimpin Flotim yang berkualitas. Alasannya, DPK memandang sosok Michael Kolin memiliki sejumlah kualitas sebagai seorang pemimpin, untuk itu layak berkompetisi dalam Pilkada Flotim mendatang.

“Uniknya, dari seluruh nama yang terdaftar, hanya ada satu nama, yaitu sdr. Michael Kolin yang tidak mendaftarkan dirinya; tetapi partai yang mendaftarkan pak ketua. Jadi, PKP Indonesia mendaftarkan ketuanya sebagai salah satu figur calon wakil bupati. Keunikannya ada di situ; yang lainnya mendaftar dirinya sendiri, tetapi pak ketua partai didaftarkan oleh partai,” kata Kedang kepada sejumlah wartawan pasca penutupan pendaftaran di Sekretariat Panitia Pendaftaran Kelurahan Waibalun, Larantuka, Jumat (22/04).

Nama-nama yang terdaftar sejak pembukaan pada 14 April hingga 22 April 2016, kata Tandon Kedang, telah berhasil menjaring 3 balon Bupati, yaitu Valentinus S. Tukan (kini Wabup Flotim), Y.A.T. Lukman Riberu (Kini Staf Ahli Bupati Sintang, Bidang Ekonomi dan Keuangan) dan Kromen Berchmans Yohanes (Sales Eksekutif Kantor Wilayah Semarang Bank BNI). Sementara balon Wabup yang mendaftar, yakni Ana Waha Kolin (Kini Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia Provinsi NTT), Bernadus Beda Keda (Kini Kadis PPO Flotim), Zakarias Paun (Kini Kadis PPO Lembata), Klemens Kesule Hala (Kini Sekretaris Dinas Kesehatan NTT), dan Michael Honi Kolin (Ketua DPK PKP Indonesia Flotim dan Anggota DPRD Flotim).

Menanggapi dirinya didaftarkan DPK PKP Indonesia Flotim, Michael Kolin yang juga berada ditempat yang sama, menyatakan bahwa dirinya baru dihubungi malam sebelumnya, Kamis (21/04) dan mengucapkan terima kasih atas pencantuman namanya dalam bursa pencalonan.

“Pendaftaran (dirinya) ini, mereka (DPK PKP Indonesia Flotim) baru melakukannya, dan saya baru disampaikan tadi malam (Kamis, 21/04). Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan teman-teman DPK. Dan proses selanjutnya berjalan seperti biasa,” aku Ketua Komisi B DPRD Flotim ini.

Meski sebagai ketua partai, ia mengakui tidak lantaran demikian dirinya mengabaikan proses dan mekanisme partai terkait proses penyaringan bakal calon. Justru sebagai kader partai, kader yang terlibat dalam proses pencalonan, diwajibkan mengantongi rekomendasi Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) PKP Indonesia NTT.

Terkait rinci tahapan selanjutnya, tambah Kolin, seluruh hasil pendaftaran akan dilaporkan dalam Rapat Pleno DKP PKP Indonesia Flotim hari ini, Senin (25/04) bertempat di Sekretariat Pendaftaran. Tahap berikut, DKP PKP Indonesia Flotim akan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat Flotim atas semua balon yang telah mendaftar. Proses ini bertujuan menangkap respon dan daya terima masyarakat secara langsung atas figur-figur dimaksud.

Selanjutnya, masih menurut Kolin, bersama dengan panitia pendaftaran akan melaporkan seluruh tahapan di tingkat kabupaten ke DPP PKP Indonesia NTT, termasuk Gambaran Umum tentang para calon di mata masyarakat. Dan terakhir akan diteruskan ke Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP Indonesia di Jakarta.

“Karena bagi kami, kemenangan nanti adalah kemenangan rakyat, dan PKP Indonesia Flotim harus menjadi bagian di dalam kemenangan itu, maka kami tidak membiarkan sosialisasi para balon dilakukan sendiri oleh mereka. Partai juga siap terlibat secara langsung sosialisasikan semua balon yang telah mendaftar. Sebab kami ingin langsung melihat tanggapan masyarakat,” ungkap Kolin.

Untuk itu, selaku ketua DPK Flotim, dirinya meminta seluruh balon yang telah mendaftar, agar terus berkompetisi secara sehat, baik dan elegan tanpa menciderai satu sama lain. Termasuk menghindari diri dalam upaya menjatuhkan balon lain secara tak dewasa melalui media sosial. Sebab, bagi PKP Indonesia spirit dasar yang harus dimiliki dan menjadi landasan bagi partai adalah semangat Keadilan dan Persatuan. Dan itu mesti dimulai semenjak balon, sebelum menjadi pemimpin kelak.

“Keadilan demi Persatuan, dan Persatuan demi Keadilan. Kalau mau Persatuan, maka tegakkanlah Keadilan. Tanpa adanya Keadilan tak mungkin ada Persatuan; tanpa adanya Persatuan, takkan ada Keadilan. Pemimpin harus memiliki jiwa dan semangat ini untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat dan itu mesti diterapkan semenjak jadi balon,” pungkas Kolin. (Frank Lamanepa)

Topik:
News:

1 Comment for Kolin: Saya Baru Disampaikan Jadi Balon Wabup Flotim

  • 88Kerri says:

    Hello blogger !! I read your website everyday and i must say you have hi quality articles here.
    Your blog deserves to go viral. You need initial boost
    only. How to go viral fast? Search for; forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.