Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Kepala BAPPENAS : Pusat Akan Intervensi Anggaran Sanitasi dan Fasilitas Air Minum

Kepala BAPPENAS : Pusat Akan Intervensi Anggaran Sanitasi dan Fasilitas Air Minum

(70 Views) April 1, 2019 1:55 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Prof. Bambang Brodjonegoro, dalam kunjungan kerja sehari di Kabupaten Lembata, seusai menyambangi bangsal interna Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lewoleba, dan meninjau proses pembangunan gedung baru milik RSU dan jalan negara segmen Desa Merdeka, memastikan bahwa pihaknya akan melakukan intervensi anggaran ke Lembata.

Rombongan Menteri PPN/Kepala Bappenas didampingi Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur dan Wakil Bupati Thomas Ola Langoday. Juga, hadir Sekda NTT, Benediktus Polo Maing serta para kepala OPD Lembata.

Dalam lawatan Menteri Bambang di RSUD, didapatinya adanya pasien penderita penyakit gagal ginjal. Berdasarkan penjelasan dr. Bernad, Direktur Rumah Sakit, penderita gagal ginjal ini disebabkan oleh pola makan dan pola hidup masyarakat Lembata yang sebagian besar menggunakan air sumur.

Dokter Bernad juga menyampaikan juga bahwa penanganan pasien di rumah sakit selama ini juga masih dirujuk ke luar daerah Lembata akibat kekurangan fasilitas.

Dari penjelasan ini, Menteri Bambang pun menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Lembata akan memberikan perhatian khusus terkait persoalan yang dihadapi oleh pihak rumah sakit.

Dan, terhadap persolan yang dihadapi Pemda Lembata, Bambang mengatakan, di pusat ada Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sanitasi dan fasilitas Air minum. “Dari persoalan yang disampaikan ini, tentunya Pemerintah pusat akan intervensi terkait anggaran untuk sanitasi dan air bersih,” ungkap Bambang.

Menurut Bambang, untuk menekan angka pasien yang mengalami gagal ginjal di Lembata maka pihak rumah sakit juga harus menyediakan fasilitas untuk cuci darah dan tentunya akan didukung oleh pemerintah pusat.

“Kita pasti dukung melalui DAK, untuk perbaikan air bersih dari PDAM dan memperhatihkan pengusulan air bersih dari rumah ke rumah dan sanitasi berbasis masyarakat menjadi penting. Ini menjadi prioritas,” kata Bambang kepada wartawan di RSUD Lewoleba.

Setelah mengunjungi Rumah sakit dan meninjau jalan negara di Desa Merdeka, kecamatan Lebatukan, Menteri Bambang juga melakukan dialog dengan para kepala Desa dan Lurah di Kuma Resort.

Dalam dialog ini, para kades meminta perhatian khusus dari pemerintah pusat terhadap pembangunan daerah Kabupaten Lembata di bidang infrastruktur, pertanian, perikanan, dan pariwisata.

“Kami minta pemerintah pusat untuk membantu masyarakat guna meningkatkan pendaptan masyarakat. Untuk desa Hadakewa yang menjadi pendapat terbesar adalah di bidang perikanan yakni ikan teri. Kami minta bantuan penambahan armada untuk penangkapan ikan,” kata Klemen Kwaman, Kades Hadakewa.

Menanggapi permasalahan yang dihadapi tersebut, Menteri Bambang mengatakan, pihaknya akan memperhatikan semua masukan sesuai dengan bidang yang ditangani oleh Bappenas. Selain itu, persoalan lain akan dikomunikasikan dengan menteri terkait guna membantu pembangunan di kabupaten lembata.

Dari Kumah Resor, Menteri Bambang dan rombongan menuju Hotel Palm guna menutup musrenbang, dan kembali dengan menggunakan helikopter milik TNI AU. (Sius Leumolong)

 

No comment for Kepala BAPPENAS : Pusat Akan Intervensi Anggaran Sanitasi dan Fasilitas Air Minum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.