Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Kemenangan Yosni Herin Permulus Langkah Esthon Foenay Gantikan Lebu Raya

Kemenangan Yosni Herin Permulus Langkah Esthon Foenay Gantikan Lebu Raya

(4647 Views) May 12, 2016 4:38 pm | Published by | 4 Comments
Pius-Yosni

Pius Lustrilanang (baju biru0 dan Yosni Herin terlibat pembicaraan serius.

LARANTUKA, aksiterkini.com – Partai Gerindra benar-benar serius memenangkan pertarungan Pilkada Flores Timur, tahun depan. Kemenangan Yosep Lagadoni Herin, S.Sos di Flores Timur diyakini akan mempermulus langkah Ir. Esthon Foenay, MSi menggantikan posisi Drs. Frans Lebu Raya memimpin NTT, lima tahun berikutnya.

Ya, “Ini bagian dari strategi besar. Kemenangan di kabupaten akan memuluskan jalan bagi pemilihan gubernur. Kita sudah putuskan Esthon (Foenay) dan (Christian) Rotok,” ungkap koordinator DAPIL NTT 1 Partai Gerindra, Pius Lustrilanang di Larantuka.

Perkembangan partai Gerindra di kabupaten Flores Timur memang cukup menakjubkan. Pada pemilu legislatif 2014 silam, Gerindra berhasil menyingkirkan PDI Perjuangan dalam perolehan suara. Gerindra memperoleh akumulasi suara DPRD Kabupaten sebanyak 12.604 suara, dan menempati suara terbanyak kedua setelah Partai Golkar. Sedangkan PDI Perjuangan hanya mengantongi 11.317 suara, dan masih berada di bawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mendulang 11.377 suara.

Saat ini, Flores Timur dipimpin duet Yosep Lagadoni Herin alias Yosni Herin dan Valens S. Tukan yang diusung PDI Perjuangan, lima tahun silam. Keduanya kini pecah kongsi. Yosni Herin memilih maju bersama Partai Gerindra yang kemungkinan akan didukung pula PAN dan PPP, sedangkan Valens Tukan masih berupaya mendapatkan dukungan PDI Perjuangan, dan sepertinya akan mendapatkan pula dukungan dari Partai Golkar.

Lustrilanang menuturkan bahwa dirinya sebagai koordinator wilayah Daerah Pemilihan (DAPIL) NTT 1, sekaligus komandan DAPIL, bertanggungjawab memenangkan pasangan calon yang diusung partainya. Gerindra menduetkan Yosni Herin dengan Drs. Marius Pati Payong, mantan birokrat yang sempat memimpin DPRD Flores Timur periode 2009-2014. Pada pemilu 2014 silam, Marius “disingkirkan” dari daftar calon anggota legislatif, baik kabupaten maupun propinsi, setelah jabatan ketua DPD II Golkar Flores Timur diambil alih oleh Yosep Sani Bethan, ST, yang kini menjadi ketua DPRD Flores Timur.

Lebih jauh, Lustrilanang menjelaskan bahwa partainya tak cuma mengusung pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, tapi juga menyiapkan dana kampanye. “Enaknya dukungan dari Gerindra, mudah-mudahan (paslon) tidak keluar biaya,” ucap dia.

Dia bahkan menyatakan siap merogoh kocek pribadinya untuk membantu pergerakan paslon. Ya, “Komandan Dapil bertanggungjawab untuk memenangkan. Minimal bantu-bantu dana saksi. Tapi kalau incumbent mungkin kita biarkan sendiri saja,” ujarnya, sambil tertawa.

Dia menegaskan kembali bahwa Pilkada kabupaten/kota merupakan bagian dari skema besar menuju Pilgub 2018. “Yang jelas, ini kan kontrak politik jangka panjang. Lebih enak buat kita sekarang adalah dengan bupati yang kita berjuang bersama dari awal,” tandasnya.

Menjawab pertanyaan aksiterkini.com soal ada tidak hasratnya untuk bertarung merebut posisi puncak eksekutif, Lustrilanang mengatakan dirinya tak punya niat ke arah sana di daerah. “Ya, kalau dipercaya bos, jadi menterilah… hahahaha…,” ujar mantan aktivis 1998 ini.

Anda punya motto? “Nggak punya moto ah. Oh iya, moto saya: Saya bertarung maka saya ada.  Makanya, saya ingin sebanyak mungkin terlibat dalam pertarungan, supaya saya ada. Cara kita menggerakan mesin politik partai,” ucap dia.

Ditanya target NTT dalam Pilpres 2019 mendatang, Lustrilanang tak mau sesumbar mengingat suara pemilih NTT yang tidak sebanding daerah lain di tanah air. Ya, “NTT kan pemilihnya cuma seberapa. Paling tidak, kita ingin memotivasi daeah-daerah lain supaya kita bisa dijadikan contoh,” ungkap Lustrilanang.(rag/fre)

Topik:
News:

4 Comments for Kemenangan Yosni Herin Permulus Langkah Esthon Foenay Gantikan Lebu Raya

  • andre napoleon says:

    Jgan geer dulu belum ada sejarah di Flotim bupati 2 periode. Apalagi janji Yosni di saat penyampaian visi misi cabup periode yg lalu dia tdk akan mencalon diri tuk yg kedua kalinya.

  • Hans Hadjon says:

    Data hasil perolehan suara pemilu legislatif 2014 sesuai isi pemberitaan nampaknya harus dicross cek kembali ke KPUD Flotim. Trims

  • Anjela Hurint says:

    ??????????

  • Pieter Bataona says:

    Do ut des terselubung dibalik bergulir dana kompanye dari kantong sendiri. Maka sebuah kemenangan segera diikuti dengan mengkapsul dana pembangunan utk rakyat masuk kembali ke kantong pribadi yg sudah terkuras kompanye. Kapan lagi daerah kita maju? Buka matamu rakyat sekalian,buka matamu kawula muda dan kritisi pemimpin-pemimpin dan bakal calon pemimpin yg sedang dijagokan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.