Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Kemah API Lembata Pertama Di Indonesia, Jadi Generasi Tangguh Siap Hadapi Bencana

Kemah API Lembata Pertama Di Indonesia, Jadi Generasi Tangguh Siap Hadapi Bencana

(169 Views) May 10, 2018 2:11 am | Published by | No comment

Aksi melintas dengan bergelantung di tali. Latihan di Kemah API Pramuka . (Foto: MM/Diskominfo Lembata)

HADAKEWA, aksiterkini.com – Plan Lembata dan CIS Timor bikin terobosan di Lembata. Mereka menggelar kemah Adaptasi Perubahan Iklim (API) di Hadakewa, ibukota Kecamatan Lebatukan, 27-30 April 2018 lalu. Kegiatan yang melibatkan 1500 anak merupakan yang pertama di Indonesia.

Anak-anak yang tergabung dalam gerakan Pramuka Penggalang dan Penegak di Kecamatan Ile Ape, Ile Ape Timur dan Lebatukan, digabungkan dengan kelompok Taruna Siaga Bencana (TSB) dari desa-desa binaan.

Kemah API dipadukan dengan Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang diselenggarakan Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Lembata.

Dalam rangkaian kegiatan kemah API dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional itu anak-anak dibekali berbagai latihan dan pembinaan mental anak-anak untuk siap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam perubahan iklim dan dampak ikutannya, seperti kekeringan, longsor, kepanasan, abrasi, naiknya permukaan air laut, angin kencang, hama penyakit pada hewan dan manusia.

Sebagaimana diamati di lokasi kegiatan, peserta kemah API juga dilatih untuk siap menanggulangi dan memberikan pertolongan bantuan kepada sesama jika terjadinya bencana.

Pimpinan Plan Internasional Unit Lembata menyatakan, anak-anak adalah agen perubahan. “Sebanyak 1.500 anak disini kita siapkan menjadi generasi yang siap menghadapi perubahan iklim dan kemungkinan bencana yang terjadi. Di Provinsi NTT khususnya Kabupaten Lembata menjadi daerah contoh untuk penerapan program ini di tempat lain.”

Dijelaskan, kegiatan ini dibiayai dari Kementrian Luar Negeri Jerman untuk tiga negara, yakni Indonesia, Philipina dan Thailand. Di Indonesia, difokuskan ke NTT. Yakni, Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Lembata sebagai yang pertama melaksanakan program ini.

Dia mengharapkan agar para siswa dan anggota Taruna Siaga Bencana yang hadir menjadi agen dalam aktivitas menghadpi perubahan dan apapun yang terjadi di lingkungan masing-masing.

Wakil Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah NTT, Yos Pangkur menyatakan, kegiatan Kemah API yang diselenggarakan di Kabupaten Lembata merupakan kegiatan pertama di Indonesia. Karena kegiatan ini belum pernah dilaksanakan di tempat lain. Ia mengapresiasi pihak Plan Intersional dan CIS Timor yang ikut serta bergabung dalam gerakan Pramuka di Indonesia dan telah memilih Kabupaten TTU dan Lembata menjadi daerah binaan untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Bupati Lembata dalam sambutan yang dibacakan Plh. Sekretaris Daerah, Athanasius Aur Amuntoda,SE.MM selaku pembina upacara, menegaskan, dalam  menghadapi ancaman bencana perlu ada upaya edukasi dan advokasi terhadap berbagai kebijakan sebagai kesiapsiagaan kita dalam menghadapi resiko bencana.

Ia mengajak seluruh komponen yang hadir dalam kegiatan Kemah API untuk mengubah kesadaran setiap orang terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi dan membutuhkan aksi adaptasi terhadap perubahan situasi yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini sesuai tema Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, yakni Siap Siaga Mulai Dari Diri, Keluarga, Dan Komunitas, Dengan Tagline: Siap ! Untuk selamat.

Bupati juga memotivasi masyarakat untuk tumbuh menjadi pribadi, keluarga dan komunitas yang tangguh. “Tangguh disini berarti masyarakat memiliki kemampuan untuk proteksi, daya antisipasi dan daya adaptasi terhadap situasi riil yang dialami dimana situasi itu terjadi.”

Tin Lejab, 14 tahun, seorang peserta yang ditemui di lokasi kegiatan, menyatakan, kegiatan Kemah Adaptasi Perubahan Iklim yang  diikuti sangat penting karena melatih diri mereka sebagai generasi yang aktif dan peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. “Sebagai anggota Pramuka kami dibina untuk menjadi gererasi peduli dan kegiatan ini menjadi wadah belajar yang sangat berarti ke depan,” ujarnya, sambil tersenyum.(M.Molan/ DisKominfo Lembata)

No comment for Kemah API Lembata Pertama Di Indonesia, Jadi Generasi Tangguh Siap Hadapi Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.