Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Kaisar Biboki Dukung MS EMI; Pangeran: Ini Calon Pemimpin Yang Sesungguhnya !

Kaisar Biboki Dukung MS EMI; Pangeran: Ini Calon Pemimpin Yang Sesungguhnya !

(1581 Views) January 20, 2018 6:04 pm | Published by | No comment

Marianus Sae dan Kaisar Biboki, Nesi Uba Usboko. (Foto: Chris Parera)

BIBOKI, aksiterkini.com – Siapa bilang Kabupaten Timor Tengah Utara tertutup bagi pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur periode 2018-2023 yang diusung Koalisi Kerakyatan? Kaisar Kerajaan Biboki, Nesi Uba Usboko justeru mendukung pasangan Marianus Sae – Emilia Julia Nomleni (MS EMI) sebagai calon gubernur dan calon wagub.

Pernyataan Kaisar Nesi Iba Usboko tersebut disampaikan saat menerima MS EMI di istana Biboki, Sabtu (20/1/18) sore. Selain kaisar, kehadiran MS EMI disambut pula para panglima kerajaan Biboki dan warga kerajaan.

Yang menarik, Marianus Sae dan Emilia Julia Nomleni dikenakan pakaian kebesaran kerajaan Biboki. Sehingga mereka diterima sebagai bagian dari warga kerajaan Biboki.

Asal tahu saja, Biboki merupakan satu dari tiga Swapraja yang ada di Kabupaten Timor Tengah Utara. Dua swapraja lainnya, yakni Swapraja Miomafo dan Swapraja Insana. Swapraja Miomaffo memiliki 8 (delapan) kefetoran, masing-masing kefetoran Tunbaba, Manamas, Bikomi, Noemuti, Nilulat, Noeltoko, Naktimun dan Aplal. Swapraja Insana memiliki 5 (lima) kefetoran, masing-masing kefetoran Oelolok, Ainan, Maubesi, Subun dan Fafinesu. Dan, Swapraja Biboki pun memiliki 5 (lima) kefetoran masing-masing kefetoran Ustetu, Oetasi, Bukifan, Taitoh dan Harneno.

Sebelum ke Biboki, Marianus Sae dan Emilia Nomleni menyambangi warga Desa Bijaepasu, Kecamatan Miomafo Tengah. Mereka menempuh perjalanan sekitar 50an kilometer untuk sampai di Istana Kaisar Biboki. Sehingga rombongan MS EMI benar-benar menyisir kawasan pedalaman Timor Tengah Utara.

Marianus Sae dan Emi Nomleni dikenakan pakaian kebesaran Kerajaan Biboki. (Foto: Chris Parera)

Pangeran Biboki, Charles Usboko memperkenalkan Marianus dan Emilia kepada segenap warga istana kerajaan Biboki. “Inilah gubernur dan wagub kita. Pakaian kebesaran yang dipakaikan ke Pak Marianus Sae belum pernah dipakaikan ke siapapun. Baru hari ini diberikan kepada Pak Marianus,” paparnya.

Pangeran Charles Usboko mengungkapkan bahwa dirinya memang belum pernah mengenal Bupati Ngaa dua periode itu sebelumnya. Ya, “Beliau ini saya tidak pernah kenal. Saya mengenalnya lewat televisi. Dan setelah melihat posternya, ada rasa di hati mengatakan ini orang sangat cocok jadi gubernur (NTT),” ujar Pangeran, polos.

Kepada rombongan MS EMI, Pangeran Charles Usboko menuturkan bahwa segenap warga kerajaan Biboki sangat patuh pada Kaisar Biboki. Wilayah Kerajaan Biboki sendiri, saat ini, sudah dimekarkan menjadi enam kecamatan. Yakni, kecamatan Biboki Anleu, Biboki Feotleu, Biboki Moenleu, Biboki Selatan, Biboki Tengah dan Biboki Utara.

“Kami keluarga kerajaan sangat patuh pada kaisar yang membawahi 6 kecamatan. Apa kata kaisar, maka itu yang kami lakukan. Kita sepakat dukung MS dan Emi,” tandas Pangeran Charles Usboko.

Kepada Kaisar Nesi Iba Usboko, Marianus Sae menyerahkan sebilah parang dan Lega (tas lokal Ngada) sebagai simbol perjuangan. Ketika menyerahkan parang dan tas, Marianus Sae memanggil para leluhurnya dalam bahasa adat Bajawa untuk menyatu dengan para leluhur Biboki berjuang bersamanya menggapai kursi gubernur NTT periode 2018-2023.

Marianus Sae menyampaikan terima kasih kepada pihak kerajaan yang telah menerimanya. Apalagi, bertekad mendukungnya menjadi Gubernur NTT.

Sikap santun dan bersahaja yang diperlihatkan Marianus Sae di Istana Kerajaan memantik simpati para warga kerajaan, termasuk Pangeran Charles Usboko. Ia tak kuasa menyembunyikan kekagumannya pada Marianus Sae.

Marianus Sae dan Emi Nomleni mengapiti Kaisar Biboki, Nesi Uba Usboko di Istana Biboki, yang dihadiri pula Para Panglima dan warga Kerajaan Biboki. (foto: Chris Parera)

“Inilah calon pemimpin yang sesungguhnya. Santun dalam bicara, komit dalam bekerja,” ungkap Pangeran Charles Usboko mengomentari sikap dan ucapan Marianus Sae.

Kehadiran Marianus Sae di Kabupaten Timor Tengah Utara memang memberi warna tersendiri. Maklum saja, sebelumnya Bupati TTU, Raymundus Fernandes sempat memboyong sejumlah warga pendukungnya untuk menghadiri deklarasi pasangan calon lain. Apalagi, Ray Fernandes sempat menyatakan bahwa dirinya akan membawa para pendukungnya untuk mendukung calon tersebut.

Kepada aksiterkini.com, sejumlah warga menyatakan tertarik dengan sosok Marianus Sae yang nekad menggunakan sepeda motor trail menuju desa-desa pedalaman Timor Tengah Utara. “Pak Marianus Sae memperlihatkan kualitasnya untuk sebuah perubahan. Secara fisik, dia tangguh. Siap untuk menghadapi apapun beban tanggungjawab. Perjalanan darat dengan trail di tengah guyuran hujan dalam kurun waktu yang panjang. Bergilir dan berulang. Ini beresiko dan lazimnya dihindari kebanyakan pemimpin,” ujar seorang wargana TTU di Kefamenanu, yang minta identitasnya tidak dipublikasikan.

Dia pun memuji spiritualitas Marianus Sae. Ya, “Spiritualitasnya terpancar ketika menyapa orang kecil sederhana, ketika berada di lingkungan kelas menengah tanpa basa basi. Marianus dan Emilia memperlihatkan kesanggupan menjadi solusi bagi NTT,” tandasnya.

Tak cuma itu. Warga paruh bayah ini pun yakin MS EMI akan merangkul segenap potensi warga untuk membangun. “Mereka dua mengisyaratkan komitmen menjadi bapa mama untuk semua anak negeri di propinsi kepulauan ini. Tinggal satu saja, dukungan dan kerja keras semua pihak dan restu leluhur tanah ini dan dirahmati Sang Kuasa Alam Raya maka NTT bisa mendapatkan mereka sebagai pemimpinnya,” tuturnya.(fre/cis)

No comment for Kaisar Biboki Dukung MS EMI; Pangeran: Ini Calon Pemimpin Yang Sesungguhnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.