Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Juni, Demokrat Evaluasi Balon Bupati Lembata

Juni, Demokrat Evaluasi Balon Bupati Lembata

(1447 Views) April 24, 2016 12:35 pm | Published by | No comment
facebook-20160424-180818

Ferdinand Leu Orolaleng

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Partai Demokrat (PD) Kabupaten Lembata menyiapkan tiga kadernya untuk diusung dalam Pilkada 2017 mendatang. Yakni, Ferdinand Leu Orolaleng (Ketua DPC PD Lembata), Anton Gelat Wuwur (Sekretaris DPC PD Lembata) dan Gabriel Suku Kotan (anggota Fraksi PD DPRD NTT). Ketiganya punya peluang yang sama untuk diusung PD. Sedangkan, pasangannya akan mengikuti fit and proper test bulan Juni mendatang di Kupang.

Ya, “Partai akan melakukan fit and proper test di Kupang pada bulan Juni mendatang. Para bakal calon bupati sudah mendaftarkan diri. Sedangkan, wakilnya ya kami tiga itu,” ujar Sekretaris DPC PD Lembata, Anton Gelat Wuwur, kepada aksiterkini.com di Lewoleba, Minggu (24/4/2016).

Dijelaskan, ada enam balon bupati yang mendaftarkan diri di PD. Yakni, Eliaser Yentji Sunur (bupati Lembata sekarang), Andreas Nula Liliweri (mantan Wabup Lembata), Herman Loli Wutun (Ketua INKUD), Paulus Doni Ruing (swasta di Jakarta), Dion Betekeneng (swasta di Jakarta) dan Ir. Lukas Lipatama Witak (birokrat/pensiun).

Menurut Gelat Wuwur, ada seorang bakal calon (balon) bupati yang juga melamar jadi balon wakil bupati. Yakni, Dion Betekeneng. “Ya, dia mengajukan lamaran untuk calon bupati garis miring wakil bupati,” ucap mantan aktivis GMNI Kupang ini.

Anton Gelat2Ditanya soal koalisi, anggota Forum Kontak Alumni (FKA) GMNI ini menjelaskan bahwa pihaknya terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik. “Kami punya tiga kursi di DPRD Lembata. Itu artinya, masih harus tambah dua kursi lagi agar bisa mencalonkan. Sehingga kami harus berkoalisi dengan partai lain,” jelasnya.

Dia tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan PDI Perjuangan ataupun Partai Golkar. “Semua parpol punya kemungkinan yang sama. Kita tunggu hasil evaluasi di Kupang dulu,” ucap dia.

GSK

Gabriel Suku Kotan, SH, MSi

Informasi yang dihimpun aksiterkini.com menyebutkan, Gabriel Suku Kotan hanya mau berpasangan dengan Eliaser Yentji Sunur. Namun Sunur justeru gencar melakukan sosialisasi bersama Thomas Ola Langoday yang diusung Partai Nasdem. Sehingga tinggal Gelat Wuwur dan Ferdinand Leu Orolaleng yang maju ke pentas Pilkada 2017. Jika berkoalisi dengan PDIP, untuk mengusung Viktor Mado Watun  maka kemungkinan besar Ferdinand Leu yang diakomodir. Tapi, kalau berkoalisi dengan Golkar mengusung Yohanes de Rosary, maka Gelat Wuwur punya kans lebih besar. Tapi, kalau Golkar mengusung calon lain, maka Ferdinand Leu juga berpeluang. (fre)

Topik:
News:

No comment for Juni, Demokrat Evaluasi Balon Bupati Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.