Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Jual Obyek Sengketa, BRI Lewoleba Terancam Dipidana

Jual Obyek Sengketa, BRI Lewoleba Terancam Dipidana

(804 Views) December 17, 2016 9:29 am | Published by | No comment

Jupri Lamablawa

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Ini benar-benar edan! Obyek sengketa yang sedang dalam persidangan di Pengadilan Negeri Lembata, tapi sudah dilelang oleh BRI Unit Lewoleba, Lembata. Buntutnya, kuasa hukum pemilik barang berniat mempidanakan BRI Lewoleba.

Kepada aksiterkini.com, kuasa hukum Hendrikus Lio alias Ako Hen, Juprians Lamablawa, S.H.,M.H menjelaskan bahwa Hendrikus Lio alias Ako Hen mendaftarkan gugatannya di Pengadilan Negeri Lembata pada tanggal 2 Desember 2016. Dan, pihak BRI sudah menerima surat panggilan dari Pengadilan Negeri Lembata tanggal 5 Desember 2016 untuk sidang sengketa obyek jaminan yang dijadwalkan tanggal 14 Desember 2016.

“Tapi pihak BRI tetap melelang obyek jaminan dengan SHM No. 540 tanggal 6 Desember 2016, padahal pada tanggal 6 Desember 2016 obyek tersebut sudah menjadi obyek sengketa di Pengadilan Negeri Lembata. Jadi pihak BRI menjual obyek sengketa,” jelasnya.

Itu tidak boleh dan tindakan yang melanggar hukum. “Olehnya kami akan pidanakan, obyek sengketa yang dilelang tersebut selain perkara perdata yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Lembata yang sedang berjalan sekarang. Menjual obyek sengketa itu tindak pidana, dan kami akan minta pertanggungjawaban pidana kepada BRI dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam peristiwa pidana tersebut,” tandas Juprians Lamablawa.

Dalam melelang barang jaminan, jelas dia, pihak BRI terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada Ketua Pengadilan Negeri. Setelah itu Pengadilan Negeri memanggil debitur (pemilik jaminan) untuk ditanyakan apakah masih mampu membayar hutangnya atau tidak. “Jika debitur tidak mampu lagi membayar hutangnya, maka Ketua Pengadilan Negeri Lembata mengeluarkan penetapan untuk mengalihkan pengelolaan obyek hak tanggungan tersebut untuk dilelang. Tapi malah tidak demikian. BRI dengan sewenang-wenang dan melanggar Undang-undang No. 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan dan UU perbankan,” tukasnya.(at01/at02)

Topik:
News:

No comment for Jual Obyek Sengketa, BRI Lewoleba Terancam Dipidana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.