Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Jaringan Internet Dan Listrik Kendala Utama UNBK di Lembata

Jaringan Internet Dan Listrik Kendala Utama UNBK di Lembata

(517 Views) April 1, 2017 2:37 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lembata menemui kendala utama listrik, komputer dan jaringan internet. Listrik dan kekurangan sarana komputer mampu diatasi, namun jaringan internet dirasa sulit untuk diatasi.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMKN I Lewoleba, Agustinus Buran kepada aksiterkini.com, Sabtu (1/4) mengatakan, Ujian Nasional berbasis komputer baru pertama kali dialami sekolahnya. Karena itu, berbagai persiapan teknis dipersiapkan untuk mengatasi kendala utama seperti listrik, jaringan internet maupun kekurangan sarana komputer.

Sekolah itupun mempersiapkan mesin diesel untuk mengatasi gangguan listrik, serta membagi 3 shift peserta ujian guna mengatasi kekurangan sarana komputer. Namun, pihak sekolah mengaku pasrah jika terjadi gangguan jaringan internet.

“Saat uji coba siang tadi, kami mempersiapkan 1 ruangan untuk melayani 69 peserta UNBK. Karena komputer hanya 30 unit, kami membagi peserta menjadi tiga shift. Selain itu kami juga mempersiapkan mesin diesel jika sesewaktu terjadi gangguan listrik. Soal jaringan internet kami hanya pasrah dengan jaringan yang sudah ada, semoga internet tidak terganggu saat UN hari Senin nanti,” ujar Agustinus.

Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer baru pertama kali digelar di sekolahnya, Agustinus mengaku telah mempersiapkan siswanya dengan melakukan latihan dan simulasi.

“Sejak kelas 1 siswa kami sudah terbiasa menggunakan komputer ditambah latihan dan Simulasi dilakukan dua kali. Saat simulasi, siswa mengerjakan soal yang dipersiapkan pusat. Para siswa mengaku sudah siap mengikuti UNBK,” ujar Agustinus.

UNBK untuk siswa SMK dilakukan selama 4 hari. Pada Senin (3/4) mendatang, siswa SMK akan mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris di hari kedua, Matematika di hari ketiga dan mata pelajaran Kejuruan di hari keempat.

Kapolres Lembata, AKBP Arsdo P. Simatupang, kepada aksiterkini.com, Sabtu (3/4), mengatakan untuk sekolah penyelenggara ujian berbasis kertas, soal ujian sudah diamankan di Polsek yang tersebar di tujuh kecamatan di Lembata.

“Soal saat ini dalam pengamanan Polsek. Pagi sebelum ujian anggota kami akan kawal hingga ke sekolah. Kami siapkan 56 personel untuk mengawal pelaksanaan UN SMA Dan SMK,” ujar Kapolres Lembata, Simatupang.(san taum)

Topik: ,
News: ,

No comment for Jaringan Internet Dan Listrik Kendala Utama UNBK di Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *