Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Jaringan Internet Buruk, Siswa SMKN 1 Ile Ape Tak Bisa Ikut UNBK

Jaringan Internet Buruk, Siswa SMKN 1 Ile Ape Tak Bisa Ikut UNBK

(1131 Views) April 3, 2017 3:55 am | Published by | No comment

Penjabat Bupati Sinun Petrus Manuk sedang melakukan uji coba sinkronisasi jaringan internet ke pusat. (foto: yosi kares)

LEWOLEBA, aksiterkini.com Korban teknologi. Inilah yang dialami para siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada SMK Negeri 1 Ile Ape, Kabupaten Lembata. Gara-gara jaringan internet yang buruk, mereka tidak bisa melaksanakan UNBK. Pihak sekolah tidak bisa melakukan sinkronisasi jaringan ke pusat.

Senin (3/4/2017), Penjabat Bupati Lembata, Drs. Sinun Petrus Manuk, Kapolres Lembata, AKBP Arsdo Simatupang, perwira penghubung Kodim Larantuka, dan sejumlah pejabat Lembata lainnya, langsung terjun ke lokasi sekolah SMKN 1 Ile Ape di Desa Muruona, Kecamatan Ile Ape, Lembata. Mereka langsung memantau lapangan sekaligus berusaha menenangkan para siswa yang gagal mengikuti UNBK.

Para peserta UNBK yang sudah siap mengikuti ujian tampak kecewa. Mereka sudah datang ke sekolah sebelum jam ujian dimulai.

Protokol SMKN 1 Ile Ape, Agustinus B. Peu’uma menjelaskan bahwa adanya gangguan dalam penyinkronan ke pusat baru terjadi pagi hari saat pelaksanaan ujian akan dimulai. Sehari sebelumnya, sinkronisasi berjalan aman dan lancar.

Ya, “Dari kemarin kita simulasi, baik jaringannya. Kita sinkron pun aman-aman saja. Nah, hari ini ketika cek kembali sinkronisasinya gagal karena jaringan,” jelas Peu’uma.

Penjabat Bupati Sinun Petrus Manuk langsung menemui kepala sekolah SMK Negeri 1 Ile Ape, Agnus Dei. Dia juga memberikan penguatan kepada para siswa peserta UNBK. Dikatakan, mereka bisa mengikuti ujian susulan pada bulan April mendatang.

“Anak-jangan khawatir ya. Jangan cemas. Nanti kalian bisa ikut ujian susulan tanggal 18 April 2017. Hal yang sama juga di ujian yang kemarin, SMA Frateran Ndao pun mengalami hal yang sama. Sehingga mereka juga ikut susulan. Jadi tetap semangat. Jangan patah semangat. Kita akan koordinasikan ke pusat. Sekolah akan buat berita acara ya, baik manual maupun secara IT,” tegas Manuk, yang juga kepala dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, ketika memberikan motivasi kepada para siswa peserta UNBK.

Salah satu siswa peserta ujian, Novita Uba, kepada aksiterkini.com, menjelaskan bahwa dirinya sudah siap mengikuti ujian, namun takut karena masalah jaringan.

“Saya sudah siap ikut ujian ini. Tapi saya juga takut karena kami belum ujian. Semoga cepat tersambung biar kami bisa ujian,” ungkap Uba dengan nada sedikit gugup.

Kepala UPT Pendidikan Wilayah VI Lembata, Andy Gah menjelaskan bahwa ada 19 SMA/SMK yang mengikuti UNBK di Lembata.

Ya, “Ada 19 sekolah menengah atas dan kejuruan yang melaksanakan ujian nasional. Dari 19 sekolah itu hanya ada 2 sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis kompiter (UNBK), yakni SMKN Ile Ape dan SMKN Lewoleba. Sedangkan sekolah lainnya menggunakan kertas pensil (UNKP),” tegas Gah.

Pantauan aksiterkini.com, di SMKN 1 Lewoleba, ujian berjalan dengan lancar, tak ada kendala. Jaringan internet di sekolah ini cukup bagus, sehingga proses ujian berlangsung dengan baik. (yosi kares)

No comment for Jaringan Internet Buruk, Siswa SMKN 1 Ile Ape Tak Bisa Ikut UNBK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.