Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » IRDA Flotim Klarifikasi ke Ombudsman Soal Dugaan Ijazah Palsu Sekda Matutina

IRDA Flotim Klarifikasi ke Ombudsman Soal Dugaan Ijazah Palsu Sekda Matutina

(1486 Views) June 27, 2016 3:22 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Inspektur Daerah (IRDA) Kabupaten Flores Timur, Ahmad Bethan, SH nekad menyambangi kantor Perwakilan Ombudsman NTT di Kupang. Dia memberikan klarifikasi mengenai kasus dugaan ijasah palsu Sekda Flores Timur Anton Tonce Matutina.

Kepala Perwakilan Darius Beda Daton, SH melalui Asisten Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Ola Mangu Kanisius, SH. MH ketika dihubungi aksiterkini.com Senin (26/6), menjelaskan bahwa Irda Mad Bethan datang ke kantor Perwakilan Ombudsman RI Wilayah NTT pada hari Jumad (24/6) lalu.

“Perkembangan penanganan kasus dugaan ijasah palsu sedang dalam pendalaman dokumen oleh Tim Investigasi Ombudsman. Hari Jumad kemarin Irda Flotim memberikan klarifikasi dan data/informasi tambahan berupa draft surat Bupati Flotim bernomor: Itkab.773/112/Sekret/2016 tanggal 16 Maret 2016; copian disposisi Bupati dan copian ijasah serta transkrip nilai Sekda Flotim Anton Tonce Matutina. Penjelasan dan bebrapa data yang diberikan sangat membantu kerja Tim Investigasi Ombudsman,” ungkap Ola Mangu.

Klarifikasi yang diberikan bahwa Inspektorat Flores Timur telah melakukan penelitian dan kajian terhadap kepemilikan ijasah bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Flores Timur. Hasil penelitian menemukan bahwa Anton Tonce Matutina menyelesaikan kuliah pada tahun 2004-2006  dengan status mahasiswa pindahan pada Universitas Widya Gama Malang dan pengakuan prestasi belajar dengan gelar Sarjana Hukum (SH) dalam bentuk ijasah dengan nomor 034/UWG/20401/C/20052/06 tanggal 18 Nopember 2006.  Riwayat perkuliahan saudara Anton Tonce Matutina selama belajar di Universitas Widya Gama Malang dari tahun 2004-2006 terdapat pada Pangkalan Data Dikti.

“Kami masih melakukan verifikasi atas klarifikasi dan sejumlah dokumen yang diberikan Irda Flotim. Atas hasil penelitian Inspektorat yang tertuang dalam dokumen draft surat bupati, terdapat beberapa kesalahan pengetikan yang sudah diluruskan Inspektorat ketika diverifikasi pada Senin 27/06/2016. Sedangkan beberapa hal lain akan dijelaskan oleh Irda setelah mengikuti kegiatan dengan BPKP,” terang Ola Mangu. (osy)

Topik:
News:

No comment for IRDA Flotim Klarifikasi ke Ombudsman Soal Dugaan Ijazah Palsu Sekda Matutina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *