Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Ini Pernyataan Cinta Damai, Anti Teror Dan Anti Berita Palsu Pemuda Lintas Agama Selandoro

Ini Pernyataan Cinta Damai, Anti Teror Dan Anti Berita Palsu Pemuda Lintas Agama Selandoro

(184 Views) June 4, 2018 9:39 am | Published by | No comment

Umat lintas agama menyalakan lilin untuk kebangsaan Indonesia. (foto: Freddy Wahon)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Pemuda lintas agama kelurahan Selandoro, Kecamatan Nubatukan, Lewoleba, Lembata menandatangani pernyataan bersama dalam aksi 1000 Lilin untuk Kebangsaan Indonesia di halaman gereja Kristus Raja Wangatoa, Minggu (3/6/2018).  

Pernyataan itu ditandatangani ketua Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Kristus Raja Wangatoa bersama Ketua Remaja Mesjid Nur Salam 1, Ketua Remaja Mesjid Nur Salam 2 Selandoro, Ketua Pemuda GMIT Solavide, Ketua Pemuda Gereja Bethel Rock Ministry Wangatoa dan Ketua Pemuda Hindu Dharma. Berikut petikan pernyataan yang dibacakan Feldin Rano Kelen tersebut :

Menyikapi peristiwa teror dan pemberitaan palsu (hoax) yang terjadi di berbagai daerah terkhusus di Pulau Lembata akhir-akhir ini maka kami yang terhimpun dalam wadah Orang Muda Katolik Paroki Kristus Raja Wangatoa bersama Remaja Mesjid Nur Salam 1 Selandoro, Remaja Mesjid Nur Salam 2 Selandoro, Pemuda GMIT Solavide, Pemuda Gereja Bethel Rock Ministry, Pemuda Hindu dan Budha menyatakan sikap sebagai berikut :

Satu, Menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terhadap semua saudara kita yang menjadi korban aksi teroris yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Dua, Siap menjaga keutuhan NKRI yang berbhineka tunggal ika dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945.

Tiga, Menolak dan melawan segala bentuk aksi terorisme di wilayah Indonesia terkhusus di Kabupaten Lembata, serta siap menjaga kerukunan antar umat beragama demi terjalinnya toleransi dan hubungan yang harmonis antar umat beragama.

Pemimpin Pemuda lintas agama menyampaikan pernyataan sikap mereka. (Foto: Freddy Wahon)

Empat, Menolak berita palsu (hoax) yang dapat mengancam disintegrasi bangsa, menolak isu SARA dan radikalisme serta mendukung keutuhan NKRI.

Lima, Meminta kepada Pemerintah dan Penegak hukum untuk menangani dan memberantas penyebaran berita palsu (hoax) dan aksi teroris. Termasuk mengusut, menindak, memproses hukum pelaku pembuat dan penyebar berita palsu (hoax).

Enam, Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat menghindarkan diri dari berbagai upaya provokasi dalam bentuk apapun yang dapat memperkeruh situasi dan kondisi.

Tujuh, Meminta kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda Kabupaten Lembata untuk berada di garda terdepan dalam menjaga stabilitas keamanan dan meredam berbagai gejolak sosial yang mungkin saja terjadi akibat peristiwa-peristiwa tersebut.

Grup Qasida ikut memeriahkan aksi 1000 lilin untuk kebangsaan Indonesia di halaman gereja Kristus Raja Wangatoa. (Foto: Freddy Wahon)

Delapan, Menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pemerintah dan aparat berwajib apabila mengetahui atau menemukan hal-hal yang mencurigakan di tengah masyarakat dan menghindarkan diri dari tindakan main hakim sendiri.

Sembilan, Meminta kepada Pemerintah, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat untuk turut menciptakan suasana aman dan kondusif untuk menjamin pelaksanaan Ibadah Puasa yang sedang berlangsung dalam rasa aman dan damai.(fre)

No comment for Ini Pernyataan Cinta Damai, Anti Teror Dan Anti Berita Palsu Pemuda Lintas Agama Selandoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.