Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » “Ina Karun” Dipersiapkan Jadi Pusat Atraksi Budaya Festival Tiga Gunung di Lembata

“Ina Karun” Dipersiapkan Jadi Pusat Atraksi Budaya Festival Tiga Gunung di Lembata

(298 Views) January 16, 2018 7:59 am | Published by | No comment

Ile Werung (Foto: Reynold Sumayku / Alamy Stock Photo)

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Ina Karun yang selama ini biasa disebut dapur alam di Desa Atakore, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, akan dipersiapkan menjadi pusat atraksi budaya. Ini terkait rencana pemerintah Lembata menggelar Festival Tiga Gunung, tahun ini.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur menyatakan, pemerintah sedang mempersiapkan penyelenggaraan Festival Tiga Gunung, yakni Ile Batutara, Ile Lewotolok dan Ile Werun. Festival ini merupakan kebijakan pemerintah daerah, guna mempermudah dengan DPRD Lembata, Pemerintah Provinsi maupun pemerintah pusat.

Menurut Sunur, penyelenggaraan festival ini bukan gunungnya yang mau dipestakan namun daya tarik dan keindahan dari setiap gunung yang dijadikan pemicu. Diharapkan pengembangan atraksi-atraksi unik yang ada dalam masyarakat di sekitar itulah yang akan dipertunjukan saat kegiatan festival.

Khusus untuk Ile Werun di Kecamatan Atadei, Bupati Sunur minta masyarakat mempersiapkan aktraksi tinju tradisional Hadok dan budaya Ahar dengan lokasi atraksi berpusat di Ina Karun. Pemanfaatan lokasi Ina Karun tersebut perlu penataan dan rekayasa di lokasi oleh pemerintah dengan terus menjaga keaslian lokasi.

“Original tempat ini asli dan tetap kita jaga sambil kita tata lagi. Ada tempat aharnya, ada tempat yang tidak boleh kita sentuh, ada yang tidak boleh dilewati, ada yang bisa kita atur, namun harus tetap asli. Untuk itu, kita butuhkan adalah titik-titiknya dan karena titik itu terkait sejarah maka hanya orang sini yang tahu. Kita menjadikaan tempat ini benar-benar sakral, luar biasa dan orang masuk langsung tertarik,” ujar Bupati Sunur.

Dia menambahkan, “Yang ada saat ini hanya lubang untuk memasukan makanan, namun bisa diciptakan tempat untuk uap-uap kaki bagi orang yang datang, bisa ada air tawar yang bersih dan hangat. Itulah yang kita sebut upaya rekayasa. Kepala desa juga mulai focus dalam prioritas pembangunan untuk mendukung kebijakan ini dan masyarakat ikut terlibat di dalamnya.”

Dalam arahannya, Bupati Sunur memastikan pada saat penyelenggaraan Festival Tiga Gunung akan dialokasikan Rp 5 miliar untuk infrastruktur di Kecamatan Atadei pada tahap perubahan anggaran. Dari dana tersebut, Rp 3 miliar digunakan untuk perbaikan segmen kritis sepanjang jalur jalan Trans Atadei. Sedangkan, Rp 2 miliar untuk jalur Lama Hekur menuju puncak Ile Werun.

Selain jalur jalan menuju puncak Ile Werun akan dibuatkan juga parkir dan tempat dimana orang bisa duduk dan menikmati keindahan Ile Werun dan kawasan gunung-gunung yang ada di sana.

Dapur Alam di Desa Atakore.

Untuk mewujudkannya, Bupati Sunur meminta agar masyarakat, pemerintah dan juga pihak gereja ikut serta menjaga kelestarian dan keaslian budaya serta alam sekitar. “Adat bukan menjadi obyek namun dengan kegiatan ini kita menjaga original dari kebudayaan yang ada,” tandasnya.

Dalam perjalanan kunjungan ke Ina Karun, tim dari Asosiasi Travel Agent Pariwisata (ASITA ) NTT yang akan mempromosikan pariwisata di Lembata juga turut serta.

Kepala Desa Atakore menyatakan selama ini Ina Karun itu biasa-biasa saja. Hanya sebagai dapur bagi masyarakat untuk masak makanan memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Namun akhir akhir ini ada beberapa tamu manca negara mulai berdatangan ke tempat kami ini. Dengan perhatian dari pemerintah daerah untuk menata lokasi ini maka kedepan akan berdampak baik terhadap tempat kami maupun masyarakat di desa kami,” ujar kepala desa.

Sebagaimana dilaporkan Marsel Molan dari Kominfo Lembata, kunjungan ke lokasi wisata Ina Karun tersebut Bupati Lembata juga mempraktekkan proses memasak di dapur alam dengan memasukan ubi kayu ke dalam lubang dapur, proses menutup dan membungkus uap panas dan angkat makanan dari lubang dapur yang disaksikan undangan dan warga yang hadir. Bupati Lembata dan rombongan yang hadir juga menikmati atraksi Hadok dan tarian tradisional setempat yang dipentaskan sanggar INA KARUN.

Ikut serta dalam rombongan tersebut Wakil Bupati Dr. Thomas Ola Langoda, PLH Sekda Lembata, Drs. Atanasius A. Amuntoda, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Lembata, Apolonaris Mayan, Kadis Kominfo Markus Labi, serta beberapa pejabat OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata, Camat atadei dan staf kecamatan serta undangan dan masyarakat Desa Atakore dan sekitarnya.(*/fre)

No comment for “Ina Karun” Dipersiapkan Jadi Pusat Atraksi Budaya Festival Tiga Gunung di Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *