Menu Click to open Menus
Home » HUKRIM » Hari Ini, SPARTA Gelar Aksi Persoalkan Kebijakan Pemkab Lembata

Hari Ini, SPARTA Gelar Aksi Persoalkan Kebijakan Pemkab Lembata

(632 Views) July 2, 2018 11:59 pm | Published by | No comment

Aktivis SPARTA menggelar jumpa pers dengan tema Kebijakan Ngambang Pemda Lembata Gatal alias Gagal Total. (Foto: Sius Leumolong)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Sentral Perjuangan Rakyat Lembata (SPARTA) menilai kepemimpinan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ST dan Wakil Bupati Dr. Thomas Ola Langodai,SE selama satu tahun ‘sedang sakit’. Karenanya, Selasa (3/7/2018), hari ini, SPARTA menggelar aksi damai di kantor DPRD Lembata dan kantor Bupati Lembata.

Koordinator SPARTA, Ismail Bahudin dalam jumpa pers di Jeti kawasan Pelabuhan Laut Lewoleba, Senin (2/7/2018) sore, menjelaskan aksi damai yang akan digelar hari ini rencanya melibatkan massa sekitar 1.000 orang.

Aksi yang akan digelar ini bertujuan untuk mengajak DPRD Lembata untuk bangkit dari “tidur” guna mengontrol segala program dan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Pemda Lembata.

“Kami menilai, kebijakan pemerintah sekarang ngambang dan gagal total dalam upaya memberantas kemiskinan dan mensejaterahkan rakyat,” kata Ismail.

Menurut dia, segala kebijakan yang dilakukan pemerintah selama kurang lebih satu tahun kepemimpinan ini, tidak pro rakyat. Program kegiatan yang tidak pro rakyat ini, kata Ismail, diantaranya pembangunan Reklamasi pantai Balauring, restoran terapung di Awalolong, pembangunan infrastruktur jalan yang belum merata, pembangunan jaringan Air Wei Lein yang terhenti hingga saat ini, dan masih banyak persoalan yang belum tereselesaikan.

Selain itu, SPARTA juga menilai bahwa satu tahun kepemimpinan Sunday telah menciptakan pengangguran. Ini terbukti dengan program dirumahkan KSO yang hingga saat ini nasibnya tidak jelas.

Yang akan disorot juga dalam aksi SPARTA yaitu terkait dengan rumah jabatan bupati. Menurut Ismail, rumah pribadi disewa menjadi rumah jabatan yang memakan biaya per tahun sekitar  Rp.600 juta. Dia berharap agar rujab yang ada agar difungsikan sehingga dana untuk sewa rujab bisa dialihkan ke program lain yang lebih pro rakyat.

Abdul Gafur Sarabiti, salah satu pengurus Sparta berharap agar Pemda Lembata tidak hanya giat membangun pariwisata tetapi harus memperhatikan kebutuhan rakyat seperti infrastruktur jalan.

Hal lain yang akan diangkat juga terkait isu teluk Lewoleba. Abdul Gafur Sarabiti menyayangkan kondisi Teluk Lewoleba yang selama ini cukup menyengsarakan para nelayan kecil. “Porsein merajalela. Kasihan nasib nelayan kecil,” keluhnya.

Sehingga dalam aksi nanti, SPARTA akan mendesak pemerintah dan DPRD Lembata untuk segera menerbitkan suatu peraturan guna menjaga kelangsungan ekosistem di sekitar Teluk Lewoleba agar bebas dari ancaman porsein.

Koordinator SPARTA, Ismail Bahudin, mengajak semua masyarkat untuk bersama-sama melakukan aksi damai terhadap segala macam kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat, juga mengontrol kinerja DPRD Lembata yang dinilai “tidur nyenyak” selama ini. (Sius Leumolong)

No comment for Hari Ini, SPARTA Gelar Aksi Persoalkan Kebijakan Pemkab Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.