Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Hadapi Pesparani, Lembata Gelar Audisi Calon Anggota Paduan Suara

Hadapi Pesparani, Lembata Gelar Audisi Calon Anggota Paduan Suara

(207 Views) March 12, 2018 3:39 pm | Published by | No comment

Peserta audisi anggota Paduan Suara sedang mengikuti audisi di gereja Paroki Kristus Raja Wangatoa, Lewoleba, Lembata.

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Guna menyiapan paduan suara yang akan berlaga dalam lomba paduan suara dalam ajang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) tingkat rpopinsi NTT bulan Mei tahun 2018 mendatang, maka kabupaten Lembata menggelar seleksi anggota paduan suara melalui audisi. Audisi digelar pada hari Minggu, 11 Maret 2018 di gereja Kristus Raja Wangatoa Lewoleba.

Sebelum audisi dilaksanakan, dilakukan pengukuhan pengurus LP3K (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik) tingkat kabupaten Lembata dalam upcara kurban misa, yang dihadiri oleh wakil bupati Lembata, Dr. Thomas Ola langoday, MSi, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lembata, H. Ishak Sulaiman,S.Ag, dan unsure muspida kabupaten Lembata.

Audisi dilaksanakan setelah upacara misa dan pegukuhan pengurus LP3K Lembata. dan berlangsung di dalam ruangan gereja. Untuk melaksanakan audisi anggota psfuan suara yang disiapkan mengikuti lomba tingkat propinsi ini, pihak LP3K Lembata mendatangkan Stanis Sanga Tolan,S.Sn.M.Sn (dosen sendratasik Unwira Kupang), dan Gerardus D. Tukan,S.Pd.M.Si (dosen Kimia FMIPA Unwira Kupang) sebagai juri audisi.

Untuk mengikuti Pesparani tingkat propinsi bulan Mei 2018 yang akan datang, LP3K Lembata akan mengikuti cabang lomba yakni paduan suata tingkat dewasa dan mazmur tingkat dewasa. Guna mendapatkan 32 anggota paduan suara sebagaimana disyaratkan oleh LP3K tingkat nasional, maka sebanyak 59 orang dewasa yang tergabung dalam 3 paduan suarau paroki dalam kota Lewoleba, mengikuti ausidi ini. Sistim audisi yang dilaksanakan yakni setiap peserta diuji kemampuan tangga nada (jangkauan nada) dan kemahiran membaca not angka. Dari dua aspek audisiini, ditetapkan 32 orang sesuai criteria yang ditetapkan, dan lagsung diumumkan peserta yang siap lolos audisi dan siap digembleng menuju ajang lomba tingkat propinsi.

“Kita telah melewati satu proses yang bagus untuk membentuk tim yang baik, yang merupakan utusan kita bersama. Ini urusan music. Musik patut menyehatkan, mempersatukan, dan menggembirakan serta mempererat persaudaraan. Musik harus membangun kerukunan yang teduh. Oleh karena itu, bagi yang terpilih, bersiap diri, siapkan mental dan fisik untuk membuat semua orang Lembata bangga, bahwa penampilan Lembata nanti, tidsk mengecewakan. Bukan juara yang kita kejar, tetapi kita tidak tampil memalukan. Sedangkan bagi peserta yang tidak lolos seleksi, ini adalah kesempatan mengenal diri dan kemampuan, lalu patut meningkatkan kemampuan diri agar dapat memperoleh kesempatan di waktu mendatang”. Demikian dikemukakan oleh Rm. Wens Herin,Pr., pastor patoki Kristus Raja Wangatoa, setelah diumumkan peserta yang lolos audirsi.

Di hadapan seluruh peserta yang mengikuti audisi, Rm Wens yang adalah salah satu panitia inti LP3K Lembata menghimbau kepada peserta yang tidak lolos audisi agar turut memberikan dukungan moril bagi peserta yang lolos audisi dalam proses latihan yang hanya berlangsung satu bulan. “Kita semua patut memberikan dukungan moril kepada mereka-mereka yang telah lolos seleksi ini agar bisa tangguh mengikuti proses penggemblengan dalam waktu yang hanya satu bulan, agar mereka bisa mengikuti masa gemblengan, dan terhindar dari kodisi-kodisi yang merugikan. Sebab, mereka-meraka ini menjadi duta kita bersama” Demikian ajakan Rm Wens.

Ketua LP3K Lembata, Erin Ndemu,S.Pd megemukakan bahwa audisi yang dilaksanakan ini merupakan satu pembelajaran baru yang membanggakan. Tim LP3K kabupaten Lembata telah memiliki pemikiran cemerlang untuk harus diadakan audisi guna mendapat tim paduan suara yang bsa diandalkan, dan menjadi gabungan dari anggota paduan suara yang ada dalam kota lewoleba. Hasil seleksi telah memuaskan semua pihak.

Putra Ngada yang telah puluhan tahun berkaya di kabupaten Lembata ini mengharapkan agar seluruh masyarakat dan umat katolik kabupaten Lembata memberikan dukungan kepada tim paduan suara Lembata yang telah terbentuk ini agar mereka dapat menyiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik bagi pengayaan khasanah music dan nyanyian bagi kesemarakan music liturgy gerejani. “Bukan juara yang kita kejar, tetapi kita ingin memberikan yang terbaik dalam memperkaya khasanah murik liturgy gerejani. Lomba ini sebagai sarana kea rah itu”. Demikian Erin Ndemu. (fince bataona)

Topik: , ,
News:

No comment for Hadapi Pesparani, Lembata Gelar Audisi Calon Anggota Paduan Suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.