Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » GSC Omesuri Gelar Lomba Menulis, Mewarnai dan Penyuluhan Kader

GSC Omesuri Gelar Lomba Menulis, Mewarnai dan Penyuluhan Kader

(300 Views) December 14, 2017 9:47 pm | Published by | No comment

Sebagian peserta lomba mewarnai tingkat PAUD/TKK sedang mendengar arahan panitia penyelenggara. (foto: Fince Bataona)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Kecamatan Omesuri menggelar lomba menulis, mewarnai dan penyuluhan kader  Posyandu, Kamis (14/12) di Balauring, Ibukota  Kecamatan Omesuri.

Lomba menulis diperuntukan bagi para kader PMD (KPMD), lomba mewarnai bagi anak-anak PAUD dan lomba penyuluhan kader posyandu bagi para kader posyandu. Kegiatan tersebut diikuti 22 desa se Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata.

Seperti disaksikan aksiterkini.com, seluruh peserta terlibat aktif mengikuti perlombaan. Sejak pagi mereka berkumpul di aula Kantor Camat Omeuri. Setelah Sekretaris Kecamatan Omesuri, Sang’ud Boli, A.Md yang didampingi Ketua BKAD Kecamatan Omesuri,  Aventinus Obon dan Ketua FK GSC Kecamatan Omesuri Yanuarius Haryanto membuka kegiatan, kegiatan perlombaan pun dimulai.

Lomba mewarnai yang diikuti anak-anak PAUD dilakukan dalam gedung. Peralatan mewarnai seperti meja dan pensil warna disiapkan. Tanpa dampingan, anak-anak terlihat serius mewarnai hingga selesai waktu yang ditentukan. 

Usai pelombaan mewarnai, di ruangan yang sama dilakukan lomba penyuluhan kader posyandu. Para kader dari setiap desa menunjukan kemampuannya melakukan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak. Alat peraga untuk membantu kegiatan penyuluhan juga disiapkan dan para peserta boleh memanfaatkannya jika merasa perlu.

Sementara itu untuk lomba menulis feature bagi KPMD, para peserta bebas memilih tempat untuk menulis. Thema yang diberikan adalah soal pendidikan dan kesehatan. Meski mengatakan menulis merupakan hal baru yang dipelajari dan dibuat, namun semua peserta mampu menyelesaikan tulisan.

Usai memeriksa seluruh hasil tulisan, juri lomba menulis, Fredy Wahon dan Fince Bataona memberikan beberapa catatan tentang penulisan feature dan berdiskusi bersama para peserta. “Ini pengalaman pertama. Kami juga hanya diberikan pelatihan dalam waktu yang singkat. Bagaimana bisa kami menulis  bagus. Jadi kalau boleh, kami dilatih lagi menulis,” ujar Salahudin, KPMD dari Desa Balauring  diamini peserta lainnya

FK Omesuri, Hariyanto menjelaskan, dalam perencanaan, ke depannya setiap desa memiliki media komunitas semacam buletin sebagai wadah menyampaikan seluruh kegiatan pembangunan dan potensi desa dalam bentuk tulisan. Karena itu, perlu meningkatkan kapasitas para KPMD  agar memiliki kemampuan menulis. “Kami melakukan pelatihan menulis dua hari dan berharap mereka terus belajar agar bisa menulis pada buletin desa yang akan diterbitkan,” ujar Haryanto

Dalam acara pembukaan, harapan yang sama juga disampaikan Aventinus Obon, selaku Ketua BKAD Kecamatan Omesuri. Dia berharap, KPMD memanfaatkan kesempatan untuk belajar menulis agar bisa menulis berbagai kegiatan di desa pada buletin desa.

Seperti diketahui, Program GSC merupakan program pemerintah melalui pola pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan. Program ini meningkatkan kemandirian masyarakat untuk mengambil peran lebih aktif dalam peningkatan pelayanan sosial dasar  khususnya bidang pendidikan dan kesehatan. (fince bataona)

No comment for GSC Omesuri Gelar Lomba Menulis, Mewarnai dan Penyuluhan Kader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *