Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » Golkar Tetapkan Syarat Caketum Bebas Narkoba dan Harus Lapor Kekayaan

Golkar Tetapkan Syarat Caketum Bebas Narkoba dan Harus Lapor Kekayaan

(773 Views) April 13, 2016 12:35 pm | Published by | No comment

Nurdin Halid

JAKARTA,aksiterkini.com—Ketua Steering Committee (SC) Munaslub Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, ada beberapa syarat khusus bagi para calon ketua umum (caketum) Golkar yang maju bersaing. Para caketum harus memenuhi syarat bebas narkoba dan harus melaporkan harta kekayaan.

“Bakal calon harus melakukan tes bebas narkoba. Ini mungkin pertama kalinya di republik ini ada syarat bagi calon ketua umum partai harus serahkan surat bebas narkoba dari BNN,” kata Nurdin di DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakbar, Rabu (13/4/2016).

Selain itu, para bakal caketum juga harus membayar pajak dan melaporkan pajak kepada negara. Mereka juga diminta melaporkan harta kekayaan, baik bagi calon yang merupakan pejabat negara ataupun bukan.

“Negara juga mewajibkan orang mengisi laporan pajak dan laporan harta kekayaan. Mengenai kehendak negara, maka Golkar taat azas,” kata Nurdin.

Syarat lainnya, para bakal calon dilarang melakukan transaksi politik uang atau pemberian lain semacamnya untuk mengeruk suara. Jika terbukti melanggar, para bakal calon akan didiskualifikasi.

Khusus untuk aturan bebas politik uang, SC tak hanya menerapkan kepada para bakal calon, namun juga seluruh kader partai atau pemilih. Pemilih akan langsung didiskualifikasi dan dihapus hak pilihnya hingga tahun depan.

Sementara untuk panitia yang terbukti melakukan transaksi uang akan diserahkan kepada komite etik. Sanksi apa saja yang diterapkan, akan ditentukan oleh komite etik.

Syarat-syarat lain yang harus dipenuhi oleh bakal caketum lainnya antara lain harus aktif sebagai kader Golkar selama minimal 5 tahun. Bakal caketum juga harus pernah menjadi pengurus baik di daerah maupun di pusat selama minimal 1 periode dan tidak pernah menjadi kader partai lain.(detik.com)

Topik:
News:

No comment for Golkar Tetapkan Syarat Caketum Bebas Narkoba dan Harus Lapor Kekayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.