Menu Click to open Menus
Home » NASIONAL » GEMPITA Sesalkan Pemberitaan Soal Menteri Susi Lepas Penyu  Di Pantai Loang

GEMPITA Sesalkan Pemberitaan Soal Menteri Susi Lepas Penyu  Di Pantai Loang

(2504 Views) June 22, 2016 3:56 pm | Published by | 1 Comment
Any Lamak

Any Lamak

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Gema Putra Putri Lembata (GEMPITA) sangat menyayangkan pemberitaan di media masa terkait pelepasan Tukik (anak penyu) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti di Pantai Loang. Selain soal jenis, jumlah tukik yang diberitakan pun berbeda dengan yang sesungguhnya terjadi.

Ya “Kami sangat menyayangkan  berbagai pemberitaan di media masa, baik media tulis maupun elektronik, yang mana pemberitaanya tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta dan data yang terjadi. Di sepanjang pantai Loang dan di penangkaran itu, hanya ada penyu jenis sisik dan lekang. Sedangkan di pemberitaan disebut bahwa Menteri Susi melepas tukik jenis belimbing dan lekang. Ini yang perlu diklartifikasi,” jelas ketua Angkatan Tapak Gunung Gempita, Any Lamak.

Mengenai jumlah tukik yang dilepas Menteri Susi, Any Lamak menjelaskan bahwa Menteri Susi juga hanya melepas 18 ekor anak penyu. “Bukan 200-an atau puluhan ekor seperti yang diberitakan oleh media-media itu. Entah dari mana data itu didapatkan untuk diberitakan. Kami tidak tahu itu,” ujarnya.

Any Lamak menjelaskan bahwa penangkaran penyu di Loang dilakukan secara swadaya. Dimana, Gempita menjalin kerjasama dengan Jakarta Animals Aid Networking (JAAN).

“Perlu diketahui bahwa penangkaran penyu di Loang itu ada karena adanya kerjasama antara Gempita dan Jakarta Animals Aid Networking (JAAN). Yang dalam perjalanan terbentuklah kelompok masyarakat yang bergabung bersama kami, yakni Sahabat Penyu Loang, Koramil Loang dan juga anak-anak sekolah. Tidak ada campur tangan pemerintah sedikit pun dalam penangkaran penyu di Loang itu. Jadi pemerintah jangan mengkalim kalau ada bantuan,” tegas Any Lamak.

Kepada seluruh masyarakat Lembata, terkhusus di pesisir pantai Loang dan sekitarnya, Any Lamak menghimbau agar selalu menjaga habitat laut yang dilindungi dan terancam punah, khususnya penyu. Diharapkan agar masyarakat ikut menjaga kebersihan laut, dan apabila menemukan telur atau anak penyu agar tidak mengambilnya.

Sabtu (18/6) lalu, menurut Any Lamak, Gempita, Sahabat Penyu Loang, Koramil Loang dan anak-anak sekolah, melepas 75 ekor Tukik (anak penyu) ke pantai. (osy)

Topik:
News:

1 Comment for GEMPITA Sesalkan Pemberitaan Soal Menteri Susi Lepas Penyu  Di Pantai Loang

  • Irfand Gromang says:

    terima kasih untuk klarifikasih yang disampaikan oleh Any Lamak slaku Ketua angkatan tapak gunung gempita ini. saya juga salut biar para media juga memberikan informasi sesuai fakta yang sebenarnya, karna ini diketahui oleh publik dan tentunya publik tau bhwa mereka sdang di tipu. disinilah kwalitas media diuji ? sanggup kah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *