Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Gelar Lomba Baca Puisi Anak-Anak, Taman Daun Mimpikan Wisata Edukasi Di Lembata

Gelar Lomba Baca Puisi Anak-Anak, Taman Daun Mimpikan Wisata Edukasi Di Lembata

(786 Views) April 27, 2017 3:00 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Lebih dari 100 anak Sekolah Dasar dan TKK/PAUD “menyerbu” lokasi Taman Daun di kawasan Bluwa, Lewoleba, Lembata, Minggu (23/4/2017) lalu. Mereka mengikuti perlombaan baca puisi, berceritera, menulis (mengarang), dan mewarnai. Kegiatan spontanitas relawan Taman Daun ini merupakan langkah awal mendorong terwujudnya wisata edukasi di Kabupaten Lembata.

Perlombaan baca puisi, berceritera, menulis dan mewarnai digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-30 Taman Daun tersebut benar-benar mengundang perhatian siswa TKK/PAUD dan SD se-Kota Lewoleba dan sekitarnya. Peserta lomba memang dibatasi hanya anak-anak usia TKK/PAUD dan SD.

Dan, “Sampai saat pelaksanaan perlombaan masih saja ada anak yang datang mendaftar untuk ikut perlombaan. Kami tidak mungkin tolak, karena kami memang menyiapkan momen ini bagi anak untuk mengembangkan kreatifitasnya, atau paling tidak, menumbuhkan keberanian pada anak untuk tampil. Bahkan, ada juga anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ikut lomba,” ujar pendiri Taman Daun, Gregorius Batafor didampingi relawan Taman Daun, Jhon S. Batafor dan Jimmi Leumara, kepada aksiterkini.com, Senin (24/4/2017).

Gregorius Batafor dan relawannya mengaku gembira dengan antusiasme anak-anak yang mengikuti perlombaan. “Kreativitas anak-anak sungguh luar biasa,” ucap Jhon S. Batafor, bangga.

“Saya sungguh-sungguh gembira karena anak-anak tampil gembira, tersenyum, tertawa lepas. Ini tidak seperti di sekolah. Mereka benar-benar membuat saya gembira,” timpal Jimmi Leumara, yang juga guru SD Inpres Waijarang.

Mereka menjelaskan bahwa Taman Daun memang mengembangkan Taman Bacaan di Lembata. “Kita bercita-cita punya taman bacaan di semua desa. Tapi, sekarang baru dua  desa yang sudah jalan selain di sini (Bluwa-Red), yaitu di Desa Bakalerek dan Desa Katakeja, Atadei,” jelas Gregorius Batafor.

Dia mengaku cukup kesulitan mendapatkan buku-buku untuk meningkatkan literasi perpustakaan di taman bacaan. Sebab mereka yang mengandalkan bantuan dari relawan dan beberapa tokoh yang peduli terhadap literasi, baik di Lembata maupun dari luar Lembata.

Lebih jauh, Jhon S. Batafor menuturkan bahwa perlombaan melibatkan juga anak-anak dari kedua taman bacaan di Bakalerek dan Katakeja (Kalikasa). Dan, “Kegiatan ini swadaya penuh relawan Taman Daun. Persiapan sampai pada pemberian hadiah kepada anak, kami relawan yang tanggung,” paparnya.

Dijelaskan bahwa semua anak pererta lomba diberi hadiah. “Namun untuk mereka yang juara diberi tambahan piala. Dan, kami relawan sudah berencana untuk melakukan kegiatan seperti ini setiap tahun,” jelasnya.

Lomba bercerita, dimenangkan oleh Yohana Gisela (juara I). Disusul Wilhelmus Botoor dan Maria Dolorosa Lasar, masing-masing sebagai juara II dan juara III.

Lomba puisi dijuarai Hendrikus Mu’u. Sedangkan, Nabil Firdaus dan Bernardina Jaga Tukan sebagai juara II dan juara III.

Lomba menulis dimenangkan Riska Lamak (juara I). Juara II dan III, masing-masing, Zainudin Abdul Madjid dan Maria Getruida Batafor.(at01)

Topik: ,
News: ,

No comment for Gelar Lomba Baca Puisi Anak-Anak, Taman Daun Mimpikan Wisata Edukasi Di Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.