Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Gabung PSI, Simon Krova Pimpin Doa Pelepasan Dari Rumah Solidaritas Lembata

Gabung PSI, Simon Krova Pimpin Doa Pelepasan Dari Rumah Solidaritas Lembata

(634 Views) July 17, 2018 5:19 am | Published by | No comment

Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Lembata pose bersama sebelum bertolak ke kantor KPU. (Foto: Dok PSI)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Anggota DPRD Lembata, Simon Geletan Krova memilih bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk kembali bertarung dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Selasa (17/7/2018), dia memimpin doa pelepasan rombongan delegasi PSI Lembata untuk mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PSI di KPU Lembata.

Rombongan PSI Lembata dipimpin langsung ketua DPD PSI Lembata, Ahmad Tuan Agil dan sekretarisnya, Andi Moh Adha Boli Tobi. Bacaleg dari semua daerah pemilihan (Dapil) ikut serta menyambangi KPU Lembata. Sebelum berangkat dengan konvoi sepeda motor, Tuan Agil meminta Simon Krova memimpin doa.

Dalam doanya, Simon Krova yang masih aktif menjadi anggota DPRD Lembata dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), meminta agar masing-masing bacaleg berdoa sendiri dalam hati. Dia memimpin doa secara Katolik. “Semoga Tuhan merestui segala perjuangan kita semua untuk membangun solidaritas di tanah Lembata,” ungkap Simon Krova dalam doanya.

Sekretaris DPD PSI Lembata, Andi Moh Adha Boli Tobi menyerahkan dokumen dan diterima anggota KPU, Gabriel Tobi Sona didampingi anggota KPU Berhan Marak. (Foto: Dok PSI)

Di KPU, rombongan PSI Lembata diterima empat dari lima anggota KPU Lembata. Ketua KPU, Petrus Payong Pati berhalangan. Empat anggota lainnya, Bernabas Marak, Gabriel Tobi Sona, Charles Kia, dan Yusuf Maswari Paokuma, bersama-sama menerima kedatangan rombongan PSI.

Sekretaris DPD PSI Lembata, Andi Moh Adha Boli Tobi menyerahkan dokumen pencalonan serta dokumen para bakal caleg. Sebelum menyatakan menerima pencalonan dari PSI Lembata, KPU menanyakan apakah semua dokumen bacaleg sudah sesuai dengan KTP dan adakah yang pernah dipenjara. Andi menjelaskan bahwa hanya satu orang yang namanya tidak sesuai KTP. Sedangkan, mantan napi berbagai kejahatan tidak ada.

Alhasil, KPU meminta agar kalau tidak sama dengan KTP sebaiknya disesuaikan. Kontan saja, bacaleg atas nama Fredrikus Wilhelmus Wahon menyodorkan foto copi KTP terbaru yang sesuai ijazah dan dokumen pencalonan lainnya. Staf KPU langsung melakukan perbaikan bersama sekretaris PSI Lembata.

Ketua DPD PSI Lembata, Ahmad Tuan Agil menerima bukti tanda terima pencalonan dari anggota KPU Lembata, Gabriel Tobi Sona. (Foto: Dok PSI)

Setelah semua dinyatakan lengkap dan diterima, KPU mengumumkan bahwa pencalonan dari PSI Lembata diterima KPU Lembata. “Ini penerimaan pencalonan bukan sudah dinyatakan lolos semuanya. Kami masih harus melakukan verifikasi atas keabsahan dokumen pencalonan. Dan, kami minta agar dokumen calon yang belum lengkap, sebaiknya langsung disiapkan untuk dilengkapi pada masa perbaikan,” kata anggota KPU yang menerima dokumen pencalonan PSI Lembata.

PSI merupakan partai ketiga yang mendaftarkan bacalegnya di KPU Lembata. Namun PSI tidak mengajukan bakal calon dari Daerah Pemilihan Lembata 3, meliputi kecamatan Omesuri dan Buyasuri. Sehingga PSI hanya ikut bertarung di Dapil 1, 2 dan 4.

Dari komposisi bacaleg PSI tampak dipenuhi tokoh-tokoh muda. Ada juga beberapa tokoh tua yang ikut bergabung. Bahkan, anggota dan mantan anggota Dewan Lembata pun ikut bergabung. “Komposisi caleg PSI ini memberi harapan bahwa PSI akan punya kursi di Dewan Lembata nanti. Kami ajak semua pemilih agar cerdas memilih wakilnya. PSI menyiapkan kader terbaik untuk ikut bertarung,” ungkap Andi Boli Tobi, yang tidak ikut menjadi calon.

Jurnalis Lembata yang bergabung di PSI, Paulus Aleksander Taum yang maju dari Daerah Pemilihan Lembata 1, Nubatukan, mengaku bangga bisa dicalonkan dari PSI. “Ini partai orang muda. Saya senang bisa bergabung di partai ini,” ucap dia diamini Laurensius Ramos dan Ferdi Bata.

Ferdi Bata dan Ramos maju dari Daerah Pemilihan Lembata 4, Nagawutung, Atadei dan Wulandoni. Mereka dua bersama Simon Geletan Krova akan bertarung memperebutkan lima kursi di DPRD Lembata. “Saya berterima kasih diterima di PSI. Partai ini dihuni orang-orang muda. Dan, saya orang tua yang masih punya semangat ingin berkompetisi dengan anak-anak muda,” ujar Simon Krova.(fre)

No comment for Gabung PSI, Simon Krova Pimpin Doa Pelepasan Dari Rumah Solidaritas Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.