Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Front Lembata Bersih Bedah Sejumlah Kasus di Lembata; Dihadiri Pater Otto Gusti

Front Lembata Bersih Bedah Sejumlah Kasus di Lembata; Dihadiri Pater Otto Gusti

(1737 Views) May 18, 2016 11:51 am | Published by | 3 Comments
Broin Tolok2

Brino Tolok

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Bukan cuma partai politik yang membangun koalisi. Kalangan aktivis dan rohaniwan Katolik juga melakukan koalisi. Koalisi kali ini diberi nama Front Lembata Bersih atau disingkat ROTASI. Mereka akan menggelar diskusi akhir pekan ini untuk mengkonsolidasi gerakan dan isu terkait kepemimpinan Lembata lima taun terakhir.

Koordinator umum ROTASI, Brino Tolok, SE kepada aksi di Lewoleba, tadi sore menjelaskan, diskusi konsolidasi dan gerakan kali ini akan menghadirkan pula Pater Otto Gusti, SVD dari STFK Ledalero, Maumere. “Kehadiran Pater Otto Gusti, SVD diharapkan bisa memberi pencerahan terkait problem yang dihadapi Lembata selama ini, serta jalan keluarnya. Kami harapkan akan banyak elemen masyarakat yang terlibat sehingga bisa mendapatkan pencerahan menuju Lembata yang lebih baik,” ujanya didampingi Sekretaris ROTASI, Yohanes Eusebius Laba.

Yohanes Eusebius Laba menuturkan bahwa topik diskusi konsolidasi kali ini menyangkut delapan persoalan mendasar yang melilit daerah ini. Yakni, soal dugaan ijazah palsu Bupati Eliaser Yentji Sunur, dugaan praktek korupsi proyek yang masif, dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Bupati Lembata terkait “dana siluman” dalam APBD 2016 dan mutasi pejabat eselon 2, serta Silpa 2015, misteri pelaku pembunuhan Lorens Wadu dan kematian Alfonsita di Waiara, penahanan kades Lewoeleng yang diduga memiliki ijazah palsu, dugaan gratifikasi dalam pembangunan fasilitas kuma resort, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan, dan LKPJ tahun anggaran 2015 yang belum disampaikan bupati dalam sidang paripurna DPRD Lembata, serta kasus proses pengangkatan tenaga honorer kategori dua (2) yang terkatung-katung.

“Kami berharap diskusi ini bisa melahirkan simpul soal untuk menjadi bekal bagi para aktivis dalam aksi massa nantinya,” ujar Laba, diamini Brino Tolok.

ROTASI sudah mengajukan pemberitahuan kepada Polres Lembata untuk melancarkan aksi massa pada pekan depan. Tidak tanggung-tanggung, direncakan massa yang dikerahkan berjumlah 3000-an orang. (fre)

Topik:
News:

3 Comments for Front Lembata Bersih Bedah Sejumlah Kasus di Lembata; Dihadiri Pater Otto Gusti

  • Antonius Ara says:

    Kenapa tidak undang Bupati? Pa Bupati kan lebih tau persoalanya ini persoalan dia gtu loh pendekatan antra kaum muda dengan pemimpin di daerah harus lebih ditingkatkan. Jdi lbih baik undang Pak Bupati biar dijelaskan semunya masa undang orang yang berdomisili di luar Lembata ? Kalau undang untuk pembekalan diri konteks peran pemuda dalam menjaga keharmonisan antar umat beragama sih boleh kan lagi menyebar kelompok yang di duga ISIS di kabupaten Lembata.
    Salam.

  • Tinus Dai Koban says:

    Blh numpang komentar ya abang Ferdy Wahon. Maaf ya kalau kita beda pendapat,untuk memperkaya pemahaman kita. Dari materi dan isi pertemuan, bukan REKONSILIASI, yang berbuntut rencana Demo, rekonsiliasi tidak akan kunjung tiba, orang sederhana tak berpendidikan pun sudah tau apa arah pertemuan itu. Sbg anak Lembata,saya tidak mau, Larantuka panggil, Lewoleba/Lembata, menyaho.

  • HULLER HERMAN says:

    Diskusi mengenai persoalan Hukum, hal yang paling utama adalah data, fakta yg mnjdi bukti pamungkas. Untuk menilai data dan bukti dimaksud harus diminta pendapat yg bisa dijadikan rujukan sprti Praktisi Hukum dan Akademisi yg tdk diragukan lagi “isi kepala nya”. Kalau cuma meminta pendapat dari org yg tdk berlatar belakang pendidikan Hukum maka yg ada hanyalah ruang pembentukan opini publik yg msh diragukan kebenarannya secara Hukum. Hal ini yg mengakibatkan tema aksi dan materi aksi yg dilakukan menjadi tdk sinkron….SALUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.