Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Forkom P2HP Kabupaten Lembata Terbentuk; Tarsisia Hani Chandra Terpilih Jadi Ketua

Forkom P2HP Kabupaten Lembata Terbentuk; Tarsisia Hani Chandra Terpilih Jadi Ketua

(481 Views) August 30, 2017 5:59 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-hak Perempuan (Forkom P2HP) Kabupaten Lembata akhirnya terbentuk lagi setelah vakum sekitar 14 tahun lamanya. Dalam rapat musyawarah anggota (Musta), Rabu (30/8/2017), Tarsisia Hani Chandara terpilih sebagai Ketua dengan perolehan suara terbanyak.

Sebelumnya, Ketua Forkom NTT, Dra Mien Hadjon Pattymangoe menjelaskan Forkom P2HP bertujuan meningkatkan dan mewujudkan kesetaraan gender dalam perannya sebagai pengambil keputusan.

Program unggulan Forkom P2HP adalah sekolah demokrasi versi diskusi kampung. Kaum perempuan akan diberi pemahaman tentang hak-hak politik, pendidikan dan kesehatan agar mereka memiliki kesadaran untuk mengambil keputusan sendiri atas hak-haknya tanpa trkanan siapapun.

Keanggitaan Forkom adalah perempuan dan laki-laki dewasa yang mempunyai perhatian dan petjuangan hak-hak perempuan untuk adanya keselarasan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Meski di NTT ada tujuh bidang program perjuangan namun di kabupaten termasuk Lembata hanya lima bidang yakni Hukum dan HAM, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Polituk.

Sementara itu, Wakil Bupati Lembata, Dr Thomas Ola Langoday ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, Kabupaten Lembata sedang dalam penataan prmbangunan dalam berbagai bidang. Forkom P2HP Lembata dapat mengambil peran dan bersinergi dengan pemerintah. Tak perlu memikirkan hal yang besar tetapi melakukan hal-hal sederhana. Langoday juga berharap dalam mewujudkan Kabupaten Lembata sebagai kabupaten literasi, Saya Baca, maka peran perempuan sangat penting dalam membangkitkan minat baca anak. Jika ibunya tidak membaca dan menjadi cerdas, bagaimana bisa melahirkan generasi cerdas.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perli dungan Anak, Ambros WurinLeyn, MM menjelaskan setelah terbentuk, kepengurusan Forkom akan dikukuhkan dengan SK Bupati. (ona)

No comment for Forkom P2HP Kabupaten Lembata Terbentuk; Tarsisia Hani Chandra Terpilih Jadi Ketua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.