Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Festival Makan Ikan Hiasi Start Tour de Flores di Larantuka

Festival Makan Ikan Hiasi Start Tour de Flores di Larantuka

(1819 Views) May 14, 2016 1:08 pm | Published by | 1 Comment
TdF

Ketua Pelaksana TdF Pemda Flotim, Drs.Andreas Ratu Kedang saat memberikan keterangan pers, Jumad (13/5)

LARANTUKA, aksiterkini.com – Menjadi tuan rumah pembukaan Tour de Flores (TdF), Pemerintah Kabupaten Flores Timur kian memantapkan persiapan menyambut datangnya event international tersebut. Tak cuma aneka acara baik festival seni dan budaya, bazaar seni kerajinan khas masyarakat Flotim, pameran foto maupun obyek wisata alam, Pemda Flotim melalui Panitia Pelaksana TdF juga menggelar festival makan ikan.

Festival makan ikan ini akan digelar di lintasan Rujab Bupati menuju Kapel Tuan Ma dengan jarak 2 kilometer. Acara ini dijadikan sebagai pesta rakyat yang dikoordinir oleh Camat Larantuka.

Ketua Umum TdF Pemda Flotim, Anton Tonce Matutina, BA, SH melalui Ketua Pelaksana Drs. Andreas Ratu Kedang dalam gelar konferensi pers pada Jumad (13/5), menegaskan Pemda Flotim berkomitmen akan menyajikan kemasan acara pembukaan lomba balap sepeda tingkat internasional ini secara sempurna. Persiapan teknis dan non teknis menuju tanggal kedatangan peserta TdF yang diikuti atlit balap sepeda (Fun Bike) dari 28 negara, EO Nasional Anselmat, UCI dan rombongan pers nasional maupun internasional telah mencapai 95 persen.

“Dalam rangka mendukung strategi promosi pariwisata Indonesia melalui Pesona Indonesia (Wonderful Indonesia) sebagai country branding dan pariwisata di NTT sebagai New Tourism Teritory maka dengan tagline Ayo Ke Flores Timur, Pemkab Flotim bersama masyarakat di bumi Lamaholot dengan segenap potensi pariwisata yang berlimpah ini baik wisata alam, wisata budaya, wisata religi serta wisata minat khusus lainnya telah siap menyambut pelaksanaan Sport Tourism yaitu Event Balap Sepeda International Tour de Flores Tahun 2016 dengan Larantuka sebagai titik start etape pertama Kamis (19/5),” tegas Andreas Ratu Kedang.

Sementara itu berkaitan dengan kedatangan peserta TdF, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Flotim tersebut menjelaskan rombongan yang berjumlah 580 orang tersebut akan tiba di Larantuka pada Selasa, 17 Mei 2016 dari Maumere. Sedangkan sepeda para atlit akan tiba melalui pelabuhan laut Larantuka pada Senin (16/5). Penyambutan peserta TdF terjadi di areal Pelabuhan Ferry Waibalun oleh Bupati Flotim dan seluruh anggota Forkompinda.

Usai seremonial penyambutan secara adat Lamaholot, konvoi rombongan TdF pun bergerak menuju penginapan yang telah disiapkan. Sore harinya peserta TdF akan menikmati acara Welcome Drink dan selanjutnya menyaksikan pagelaran festival seni dan budaya serta bazaar seni kerajinan khas Flotim serta pameran foto.

Pada Rabu, 18 Mei 2016, Rancing Team (pembalap) akan melakukan warming up menempuh jarak 38 km dengan rute Larantuka – Baun Botin (Waiklibang) pada pukul 07-09.00 (pp). Di Baun Botin pun panitia menyiapkan suguhan air kelapa muda dan aneka panganan khas Flotim.

Usai Warming Up, akan dilanjutkan dengan technical meeting bagi Racer di Gedung OMK dan selanjutnya mengikuti kegiatan Larantuka City Sightseeing, yaitu mengunjungi situs Semana Santa.

Masih di hari yang sama pula akan diadakan Fun Bike Adonara Tour yang diikuti oleh peserta (manca negara) dengan rute Larantuka – Adonara – Larantuka dengan menyeberangi selat Gonsalu menuju bagian utara pulau Adonara sambil menikmati panorama sunrise hingga tiba di pelabuhan Ferry Boleng.

Dari pelabuhan Ferry Boleng, peserta akan melakukan Fun Bike Touring dengan rute Boleng-Waiwerang-Terong untuk menikmati pemandangan alam yang natural dan eksotis, keramahtamahan dan budaya lokal serta potensi perkebunan, kehutanan dan pertanian yang ada di pulau Adonara, dan selanjutnya kembali ke Larantuka untuk mengikuti Opening Ceremonial of Tour de Flores 2016.

Opening Ceremonial akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya didampingi Gubernur  Drs.Frans Lebu Raya dan Bupati Yosep Lagadoni Herin yang ditandai dengan pemukulan gendang sebanyak 13 kali sebagai simbol ke-13 rumpun etnis Lamaholot dan bahasa di kepulauan Flores dan Lembata. Aneka acara semisal Gala Dinner, pentas seni dan budaya Flotim dan Lembata on Videos full tersajikan dan ditutup dengan perkenalan peserta dan penyerahan cindera mata.

Rangkaian acara pelepasan peserta Race dan Fun Bike Touring TdF 2016 Etape pertama Larantuka -Maumere akan dilaksanakan pada Kamis (19/5) pukul 08.00 wita oleh Bupati Flotim dengan mengambil titik start di Kantor Bupati. Perjalanan peserta TdF akan stop over di desa Wolo, Lewolaga, Hokeng Jaya.

Perjalanan dengan jarak tempuh 138,8 km tersebut, racer fun bike akan menikmati suguhan atraksi budaya masyarakat setempat di titik refreshment. Drum band SMP Sanctisima Hokeng dan tarian adat Wulanggitang serta pagar betis siswa SD sembari melambaiakan Hand Flag ( bendera ke-28 negara) akan mewarnai lintasan Hokeng – Boru.(iro)

Topik:
News:

1 Comment for Festival Makan Ikan Hiasi Start Tour de Flores di Larantuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.