Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Dr. Thomas Ola, SE, MS: Gagasan Program Yosni Herin Mendahului Jokowi – JK

Dr. Thomas Ola, SE, MS: Gagasan Program Yosni Herin Mendahului Jokowi – JK

(1879 Views) July 4, 2016 3:18 pm | Published by | No comment
Thomas Ola

Dr. Thomas Ola, SE, MS

KUPANG, aksiterkini.com – Pakar ekonomi, Dr. Thomas Ola, SE, MS memuji program gerakan membangun ekonomi masyarakat (Gerbang Emas) yang diusung Bupati Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos dalam memimpin Flores Timur, lima tahun terakhir bersama wakilnya, Valens S. Tukan. Menurutnya, program yang sama kini diusung kembali Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kala.

“Saya dulu ikut kampanye untuk kemenangan Yosni. Dia mengusung program gerakan membangun ekonomi masyarakat desa. Gerakan ini sebenarnya filosofi membangun negara dari desa dan pinggiran. Jokowi dan JK memulainya tahun 2014. Namun Yosni sudah lebih dulu dari tahun 2011,” tandas Tomas Ola dalam sebuah perbincangan dengan aksiterkini.com di Kupang.

Mulanya, jelas dia, banyak pihak meragukan kalau program Gerbang Emas bisa didanai. Ya, “Waktu itu perdebatannya terkait dengan bagaimana mengalokasikan anggaran/dana. Golkar mengatakan tidak mungkin dan begitupun dengan partai-partai lawan politik lainnya. Saya katakan tergantung komitmen manejer/kepala daerah. Karena belanja tidak langsung kita untuk pegawai, perjalanan dinas, barang itu lebih besar rata-rata 60 sampai 65 %, bagaimana mengalokasikan biaya perjalanan dinas, tunjangan-tunjangan lain menjadi belanja langsung. Dan salah satu belanja langsungnya adalah pemberdayaan masyarakat di desa. Membangun dari desa. Itulah yang dilakukan oleh gerbang emas itu,” jelasnya, berkisah.

Dijelaskan bahwa sebagian besar penduduk Flores Timur tinggal di kawasan pedesaan. Sehingga perhatian sudah seharusnya ditujukan ke desa. “Gerbang Emas, nama yang bagus. Semuanya harus menjadi pintu emas masuk keluar desa. Artinya, rakyat itu diprioritaskan, hampir 98% penduduk kita di Flotim banyak di desa. Ini filosofi yang harus dibangun. Kalau semua masyarakat di desa sejahtera maka Flotim sejahtera. Bagaimana ini terwujud, ya kita gali potensi-potensi yang ada di desa. Jambu mente, kopi, vanili, ubi kayu dan lain-lain. Rumput laut, ikan. Ini yang harus didorong agar setiap desa jadi Gerbang Emas,” tandasnya.

Yosni Herin sendiri akan maju kembali menjadi calon bupati Flotim periode 2017-2022, dan berkomitmen untuk melanjutkan salah satu program yang digalakan yakni Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas). Dia menyampaikan hal itu ketika memaparkan visi dan misinya di sejumlah partai politik, dan terakhir di DPD Partai Demokrat NTT di aula Hotel Maya Kupang, Sabtu (2/7) lalu.

Menurut Yosni, jika Tuhan menolongnya untuk kembali memimpin maka, salah satu program yakni Gerbang Emas akan terus dilakukan, selain membuka akses jalan dari desa ke kota dan sebaliknya. (osy/fre)

Topik:
News:

No comment for Dr. Thomas Ola, SE, MS: Gagasan Program Yosni Herin Mendahului Jokowi – JK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.