Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » DPT Pemilihan Gubernur di Lembata Sebanyak 74.200 Pemilih

DPT Pemilihan Gubernur di Lembata Sebanyak 74.200 Pemilih

(133 Views) April 19, 2018 3:48 am | Published by | No comment

Suasana rapat pleno penetapan DPT Pemilihan Gubernur NTT di Lembata.

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lembata mengumumkan jumlah pemilih dalam Pemilihan Gubernur NTT periode 2018 – 2022 di Kabupaten Lembata sebanyak 74.200 suara.  

Pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dipimpin ketua KPUD Petrus Payong Pati, di gedung KPUD Lembata, Rabu (18/04/2018).

Hadir dalam kegitan ini semua unsur PPS, PPK, Panwaslu baik dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan dan kabupaten. Juga, hadir tim kampanye dari masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, serta Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lembata.

Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati menyampaikan apresiasi dàn ucapan terima kasih kepada semua pihak baik PPS, PPK juga Panwaslu mulai dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten dalam melakukan pemutakhiran data, perbaikan dan pengawasan terhadap data berdasarkan regulasi yang tentunya memenuhi persyaratan dalam pemilihan.

Adapun daftar pemilu tetap yang dihasilkan dalam pleno ini adalah kecamatan Atadei dengan jumlah pemilih sebanyak 4.688, Buyasuri 12.107, Ile Ape 7.528, Ile Ape Timur 3.260, Lebatukan 5.565, Nagawutung 5.607, Nubatukan 19.981, Omesuri 10.489, dan Kecamatan Wulandoni 4.975. Dengan demikian dari DPT pada sembilan (9) kecamatan yang ada di kabupaten Lembata berjumlah 74.200 pemilih.

Kepada wartawan, Petrus Payong dan anggota KPU Lembata lainnya, Charles Primus Kia menjelaskan bahwa data yang ada sudah final. Ya, “Data yang ada sudah final tetapi tentu masih ada perubahan jika ada perubahan data pemilih maka harus mendaftar pada pemilih tambahan. Kalau ada yang meninggal, kita akan keluarkan dari DPT,” ujar Payong Paty.

Payong pun menjelaskan, untuk masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada tahun 2018 tetapi belum terdaftar, harus segera melapor dan segera melakukan perekaman e-KTP.

“Kami minta masyarakat sadar untuk melakukan perekaman e-KTP agar bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan nanti. Untuk mempermudah masyarakat, Dinas Dukcapil akan turun dalam rangka melakukan perekaman data,” tandasnya

Charles juga menyampaikan, pada tahun 2018 ini jumlah pemilih mengalami peningkatan dibandingkan Tahun 2017. Sebab tahun 2017 jumlah pemilih sebanyak 72.415, sedankan tahun 2018 jumlah pemilih naik menjadi 74.200. Menurutnya, kenaikan jumlah pemilih ini salah satu faktornya ialah bertambahnya daftar pemilih pemula juga faktor lain yang menyebabkan pemilih tetap menjadi pemilih pemula.

Petrus Payong Pati pada kesempatan ini berharap agar masyarakat yang belum terdaftar menjadi pemilih tetap untuk segera melakukan perekaman e-KTP dan melapor ke TPS sehingga KPUD Lembata pada saat mendistribusikan surat suara pada pemilihan bisa sesuai dengan kebutuhan. (Sius Leumolong)

Topik: , ,
News:

No comment for DPT Pemilihan Gubernur di Lembata Sebanyak 74.200 Pemilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *