Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » DOB Adonara Masuk RPP Disartada 2016-2025

DOB Adonara Masuk RPP Disartada 2016-2025

(2428 Views) April 13, 2016 1:31 pm | Published by | No comment
Syarufudin Atasoge

Syarufudin Atasoge

JAKARTA, aksiterkini.com-Pemekaran sejumlah daerah otonomi baru (DOB), termasuk Adonara dari Kabupaten Flores Timur, bakal berjalan mulus. Pasalnya, pemerintah menyetujui usulan yang disampaikan DPD RI, untuk dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Desain Besar Penataan Daerah (Disartada) 2016-2025.

Anggota Komite I, DPD RI, Syafrudin Atasoge yang ditemui di kantor DPD RI, Selasa (12/4) menyebutkan, RPP Disartada sedang dalam proses untuk ditetapkan. Dalam RPP itu, NTT mendapatkan jatah untuk pemekaran kabupaten/kota maupun provinsi.

Sesuai rancangan awal, bilangnya, NTT dijatahi pemekaran 6 kabupaten/kota dan satu provinsi. Namun dalam sinkronisasi antara pemerintah bersama DPD dan DPR RI, DPD mengusulkan sejumlah tambahan kuota, sesuai usulan dari masyarakat, sehingga jumlahnya bertambah.

NTT dalam sinkronisasi RPP itu, jelasnya, mendapat penambahan kuota dari enam kabupaten/kota dan satu provinsi, menjadi delapan kabupaten/kota dan satu provinsi. Hanya saja, untuk provinsi hingga kini belum ada usulan dari Pemprov NTT. Adapun delapan calon DOB kabupaten/kota yang masuk dalam RPP Disartada bisa dilihat pada tabel.

“Sementara satu kuota provinsi di NTT belum terisi, karena belum ada usulan,”ujarnya.

Masih menurutnya, berdasarkan kuota yang ada, usulan oleh pemerintah dilakukan secara bertahap hingga tahun 2025 mendatang. Akan tetapi DPD dan DPR RI mengusulkan untuk diloloskan semua, karena daerah yang dimekarkan nanti, menjadi daerah persiapan selama tiga tahun.

“Karena melalui daerah persiapan, kita usulkan agar diloloskan semua. Nanti dievaluasi apakah bisa jadi daerah otonom defenitif atau tidak. Pemerintah akhirnya menerima usulan itu, masuk dalam RPP,” bilangnya.

Pada kesempatan itu, dia mengharapkan sikap pro aktif Pemerintah Provinsi NTT dan induk kabupaten/kota yang akan dimekarkan, untuk menyiapkan anggaran. Jika anggaran disiapkan, pastinya delapan DOB kabupaten/kota akan lolos.

Sementara anggota DPD RI asal NTT lainnya, Adrianus Garu pada kesempatan yang sama mengatakan, jumlah kuota DOB NTT bisa bertambah, karena ada usulan masyarakat Manggarai Barat, untuk dimekarkan satu kabupaten baru, yakni Kabupaten Manggarai Barat Daya.

“Usulan sudah siap untuk diserahkan ke DPD, DPR dan Pemerintah,” pungkasnya. (timorexpress.com)

8 calon DOB Kabupaten/Kota yang Masuk RPP Disartada

  1. Kabupaten Adonara (Kabupaten Flores Timur)
  2. Kota Maumere (Kabupaten Sikka)
  3. Kabupaten Pantar (Kabupaten Alor)
  4. Kabupaten Amanatun (Kabupaten TTS)
  5. Kabupaten Amfoang (Kabupaten Kupang)
  6. Kabupaten Pahulalodu (Kabupaten Sumba Timur)
  7. Kabupaten Sumba Selatan (Kabupaten Sumba Timur)
  8. Kabupaten Sumba Timur Jaya (Kabupaten Sumba Timur)
Topik:
News:

No comment for DOB Adonara Masuk RPP Disartada 2016-2025

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.