Menu Click to open Menus
Home » EKBIS » Dinas Pertanian Subsidi Persiapan Lahan Petani Lembata

Dinas Pertanian Subsidi Persiapan Lahan Petani Lembata

(397 Views) October 5, 2017 8:41 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, NTT memberlakukan subsidi pengerjaan lahan jelang musim tanam 2017. Pihak Distanpun mengerahkan alsintan untuk membajak lahan milik kelompok tani. Hingga saat ini sudah 170 Ha siap menantikan musim tanam.

Meski masih menanti petunjuk dari BMG tentang prakiraan musim hujan dan kajian tentang penentuan waktu yang tepat untuk menanam pada bulan Oktober, namun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata telah meginstruksikan Petani untuk segera mempersiapkan lahan.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Kanisius Tuaq kepada aksiterkini.com, Jumad (29/9) mengatakan, pihaknya belum menentukan saat musim tanam kepada petani.

“Biasanya Oktober Maret (Okmar), Kami sebut sebagai musim tanam. Tetapi iklim seperti sekarang ini, terjadi pergeseran, sehingga, penentuan musim tanam kami tunggu kajian dan analisis BMG. Mungkin Oktober ini sudah dapat dipastikan,” ujar Kanisius.

Meski begitu, pihaknya telah membajak sedikitya 170 Ha lahan petani sebagai persiapan musim tanam Oktober hingga Maret mendatang. Pihak Dinas Pertanian setempat juga menghimbau pemerintah Desa agar memberikan kesempatan Kepada Petani setiap dua kali dalam semiggu mempersiapkan lahan.

“Biasanya Petani di Desa-Desa sibuk dengan pekerjaan umum seperti membuat jalan, kegiatan macam-macam, sehingga para petani selalu terlambat mempersiapkan lahan untuk memasuki musim tanam. Saya selalu himbau dalam setiap kunjungan kerja ke desa agar pemerintah Desa memberikan waktu dua kali seminggu kepada petani untuk peraiapkan lahan jelang musim tanam,” ujar Kanisius.

Selain itu, guna menggairahkan petani, pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyubsidi pemakaian alat mesin pertanian kepada petani dengan harga murah.

“Kami beri harga subsidi kepada petani yang menyewa traktor untuk membajak lahan. Ukuran bajak 10×10 meter, petani hanya membayar 10 ribu rupiah,” ujar Kanisius.(Hosea)

No comment for Dinas Pertanian Subsidi Persiapan Lahan Petani Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *