Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Difabel Sekota Lewoleba Ikut Pendidikan Pemilih

Difabel Sekota Lewoleba Ikut Pendidikan Pemilih

(213 Views) December 11, 2017 8:53 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com—Sekitar seratusan Difabel sekota Lewoleba mengikuti pendidikan pemilih,  Senin (10/12) di aula Hotel Lewoleba, Lembata.  Kegiatan  dalam rangkaian sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 tersebut digelar KPUD Lembata bekerja sama dengan Forum Peduli Kelompok Difabel Dan Keluarga FPKD-DK Lembata.

“Ini pertama kalinya kami alami. Selama ini kami difabel tidak diperhatikan untuk dapat pendidikan seperti ini. Meski saya sudah beberapa kali ikut Pemilu namun baru kali ini kami dikumpulkan dan diberikan pemahaman tentang Pemilu,” ujar bapak Emanuel Lawan Date dari Lamahora. Sembari menyampaikan terima kasihnya kepada KPU Lembata, Emanuel yang menderita tuna rungu ini juga menanyakan soal e KTP yang belum dimiliki empat anggota keluarganya, padahal syarat mendaftar sebagai pemilih harus memiliki KTP.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lembata, Aloysius Buto yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, sepengetahuannya, pendidikan pemilih bagi kelompok difabel di Kota Lewoleba, baru pertama kalinya digelar hari ini. “Kita semua bisa berkumpul disini untuk dapat pendidikan merupakan sesuatu yang luar biasa. Jangan pernah merasa kalian tidak bisa sebab orang yang terlihat sehat  juga bisa dianggap sebagai difabel ketika dia tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik . Pegawai misalnya yang bekerja tidak tepat waktu alias molor termasuk difabel yang tidak kelihatan,” ujar Aloysius

Mantan Kadis PPKAD Lembata ini juga berjanji akan membantu agar FPDK-DK Lembata secepatnya memiliki legalitas.

Sementara Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati mengatakan pendidikan pemilih bagi masyarakat difabel bertujuan meningkatkan partisipasi dan kualitas Pemilu. Dengan mengetahui hak-hak dan kewajibannya, pemilih tidak lagi sebagai obyek yang suaranya gampang dimanipulasi tetapi sebagai subyek untuk melaksanakan hak pilih. “Difabel juga tidak hanya jadi pemilih untuk memilih pemimpinnya tetapi juga bisa menjadi calon pemimpin itu sendiri,” ujarnya.

Atas berlangsungnya kegiatan tersebut, Ketua FPKD-DK Lembata, Veronika Mudapue menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat. Kegiatan pendidikan pemilih berjalan dalam suasana santai dengan beberapa permainan tersebut difasilitasi langsung pengurus FPDK-DK Lembata,  Ramsia Langoday dibantu Wakil Ketua , Bapak Agus Banin, serta para relawan dari semua wilayah paroki se Dekenat Lembata.

Pendidikan politik diakhiri dengan simulasi proses pencoblosan yang dipandu anggota KPUD Lembata, Barnabas Marak. Masing-masing penyandang tuna daksa, tuna rungu, tuna netra  diwakili satu orang dan beberapa pemilih pemula. (fince bataona)

No comment for Difabel Sekota Lewoleba Ikut Pendidikan Pemilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.