Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Difabel Lewoleba Belajar Olah Pangan Lokal; PSE Lamahora Gelar Pelatihan

Difabel Lewoleba Belajar Olah Pangan Lokal; PSE Lamahora Gelar Pelatihan

(87 Views) May 3, 2018 7:54 am | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com- Sekitar empat puluhan difabel dan keluarganya dari Paroki Waikomo, Lewoleba, Wangatoà dan Lamahora di Kota Lewoleba mengikuti pelatihan pengolahan  makanan lokal. Kegiatan yang berlangsung, Kamis (3/5/2018)  diinisiasi seksi PSE DPP Paroki Lamahora bekerja sama dengan Rumah Kreatif BRI KCP Lewoleba.

“Ini salah satu program kerja seksi PSE Paroki untuk difabel. Para sahabat difabel agar memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan dari instruktur hari ini,” ujar Ketua Sie PSE Lamahora, Agus Banin.

Sementara Direktris Forum Peduli Kesejahteraan Difable dan Keluarga (FPKDK) Kabupaten Lembata, Katarina Mudapue mengajak difable agar memanfaatkan kesempatan untuk mendapat pengetahuan pengolahan pangan lokal. Jika sudah memiliki ketrampilan ini, bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan. Mudapue juga berharap kegiatan tersebut tetap dilaksanakan ke depannya.

Dua instruktur ibu Mery Kotan dan ibu Yus Langkeru mengawali materi dengan menjelaskan pangan lokal yang ada di sekitar dan mudah diperoleh. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap proses. Dua jenis pangan yang diolah yakni stik labu kuning dan tart  karamel  ubi kayu.

Sambil melakukan praktek, peserta antusias  bertanya. Dengan sabar dua instruktur menjawab pertanyaan dan memberi penjelasan. Praktek pengolahan makanan lokal diselesaikan hingga penataan di meja.

“Ini pengalaman pertama mengajar difable. Beda dengan yang kami lakukan selama ini. Pendekatan mengajarnya harus langsung bersentuhan dengan mereka,” ujar Mery Kotan

“Kami senang bisa belajar hari ini. Dapat pengetahuan baru untuk nanti kami praktekan di rumah dan bisa dijual untuk dapat uang,” ujar salah seorang peserta, Olivia.(fince bataona)

No comment for Difabel Lewoleba Belajar Olah Pangan Lokal; PSE Lamahora Gelar Pelatihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *