Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Camat Klubagolit: ASN Harus Netral dalam Pilkada

Camat Klubagolit: ASN Harus Netral dalam Pilkada

(1016 Views) April 25, 2016 2:07 pm | Published by | No comment
Kowa Deket

Kornelis Kowa Deket, S.Sos

KLUBAGOLIT, aksiterkini.com—Camat Klubagolit, Kornelis Kowa Deket, S.Sos menegaskan bahwa aparatur sipil Negara (ASN) harus netral dalam pemilihan kepala daerah langsung (Pilkada), tahun depan. Karenanya, ia lebih memilih berkonsentrasi pada tugas-tugas kedinasan di wilayahnya daripada sibuk mengikuti perkembangan politik jelang Pilkada Flores Timur.

“Saya ini camat. Camat itu jabatan karier, bukan jabatan politik. Karena itu, saya lebih berkonsentrasi pada tugas-tugas dinas daripada mengikuti perkembangan politik di tingkat kabupaten. Saya harus membangun komunikasi dengan semua elite politik, termasuk di lembaga DPRD Flores Timur untuk mendukung program kegiatan di wilayah ini,” tegas Kowa Deket menjawab aksiterkini.com tentang situasi dan kondisi di wilayahnya berkaitan dengan Pilkada Flotim, Februari 2017 mendatang.

Dia menuturkan bahwa ASN di wilayah kerjanya selalu diingatkan untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas kedinasan dan tidak menceburkan diri dalam urusan politik praktis. “Jika kami berhubungan dengan anggota DPRD, itu semata-mata untuk memperjuangkan kepentingan pembangunan di wilayah ini, bukan urusan politik praktis. Bagaimanapun semua proses pembangunan mulai dari perencanaan sampai penetapan anggaran dibahas di DPRD. Sehingga saya menjalin hubungan baik dengan anggota DPRD agar bisa mengakomodir kepentingan kami di wilayah ini,” tandas Kowa Deket.

Mantan aktivis PMKRI Cabang Kupang ini mengakui bahwa cukup banyak seniornya yang disebut-sebut akan maju sebagai nakal calon bupati atau wakil bupati dalam Pilkada 2017 mendatang. “Sebagai camat, saya harus mengambil sikap untuk tidak tergoda dengan urusan politik praktis dalam Pilkada ini,” ujar dia.

Disinggung soal rumor yang menyebutkan adanya proyek yang terbengkalai di wilayah kerjanya, Kowa Deket menegaskan bahwa berita tersebut sama sekali tak sesuai fakta. “Jangan meniup isu yang tidak-tidak. Tidak ada proyek yang kami tangani. Proyek-proyek itu punya SKPD di Larantuka. Dan, tidak ada yang terbengkalai. Kepada jaksa yang datang ke sini (Klubagolit-Red) juga saya katakan, soal proyek itu urusan dinas teknis di kabupaten, bukan kecamatan yang urus proyek,” tegasnya.

Dia meminta media tidak serta merta melansir berita-berita yang belum tentu benar. “Tolong dikonfirmasi kalau mendapat informasi dari oknum-oknum yang mungkin saja punya kepentingan tertentu dengan pemberitaan. Saya harap wartawan juga perlu melakukan check dan recheck kalau dapat informasi yang tidak bagus,” ucap Kowa Deket, berharap.

Ditanya mengapa dirinya tidak ikut ke Kupang menemui Gubernur Frans Lebu Raya bersama Sekda Anton Tonce Matutina, BA, SH, dia mengaku, saat itu dirinya sudah punya jadwal kegiatan di wilayah. “Dan, secara etika kedinasan, saya sudah menyampaikan itu kepada Pak Sekda melalui Kabag Tatapem, bahwa kegiatan yang dijadwalkan tidak bisa ditunda. Itu alasan saya, bukan karena saya mbalelo,” tegasnya.(fre)

Topik:
News:

No comment for Camat Klubagolit: ASN Harus Netral dalam Pilkada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *