Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Bupati Sunur Serukan Tingkatkan Kinerja, Realisasi Keuangan Baru 40 Persen

Bupati Sunur Serukan Tingkatkan Kinerja, Realisasi Keuangan Baru 40 Persen

(129 Views) July 25, 2018 4:27 pm | Published by | No comment

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Memasuki Triwulan ketiga Tahun Anggaran 2018, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur,ST menyerukan agar setiap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera tingkatkan kinerja untuk merealisasikan semua program dan kegiatan yang tertuang dalam dokumen APBD 2018 di masing-masing OPD. Sisa waktu 3 (tiga) bulan ini setiap OPD diwajibkan menuntaskan berbagai program dan kegiatan hingga bulan Oktober 2018.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan pada Apel Kesadaran itu, Bupati Sinur menilai kinerja OPD di Lembata saat ini masih rendah karena realisasi anggaran hingga akhir Triwulan II pada 31 Juni 2018 baru mencapai 40 persen. Padahal, menurut dia, dalam rencana kerja yang telah disepakati setiap kegiatan fisik pembangunan harus sudah rampung pada Oktober 2018.

Untuk itu, Bupati Lembata menegaskan semua harus fokus untuk meningkatkan kinerja di setiap OPD. Ditegaskan agar pelaksanaan pekerjaan fisik pembangunan yang sampai saat ini masih ada paket-paket pekerjaan belum diproses lelang tender dan kendala-kendala agar segera disampaikan dan akhir bulan Juli nanti kegiatannya dikembalikan ke TAPD.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah, Antanasius Aur Amuntoda,SE,MM  saat menjadi Pembina  Apel  Kesadaran pada Selasa 17 Juli 2018 di Halaman Depan Kantor Bupati Lembata.

Diinformasikan saat apel tersebut bahwa pada saat mengikuti rapat koordinasi bersama Kementerian Keuangan di Kupang ada dua kabupaten di NTT yang data base anggarannya konek dengan data base kementerian yakni Lembata dan Sumba Barat.

Selain itu, hasil asistensi pertanggungjawaban APBD 2017 Kabupaten Lembata nomor urut ke-2 setelah Kota Kupang.  Hal ini, menurut Bupati, sudah ada  hal positif dalam pengelolaan keuangan yang memotivasi kita untuk ditingkatkan pada masa yang akan datang.

Bupati mengharapkan agar kedepan kekompakan dan kerja sama antara kepala OPD dengan pejabat administrator, pejabat fungional dan staf pelaksana, koordinasi antar institusi dan lintas sektoral serta seluruh stakeholders dan masyarakat luas yang berkontibusi untuk  peningkatan kinerja Pemerintah dan pelayanan publik harus terjalin baik.

“Tugas kita kedepan sangat berat termasuk usaha merealisasikan target pendapatan  yang telah ditetapkan dari 48 miliar menjadi 55 miliar sesudah perubahan. Hal ini masih rasional untuk dicapai sebelum akhir tahun 2018 sebagai upaya peningkatan pedapatan  dan bagian penting dari tugas kita dalam mengemban amanat rakyat.”

Mengakhiri sambutannya, Bupati Lembata mengakui jika selama ini para Aparatur Sipil Negara yang pensiun pulang rumah secara diam-diam tanpa ada ucapan terima kasih sedikitpun dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, kedepan nanti akan menjadi perhatian dari masing-masing OPD dan BKD PSDM agar memprhatikan hal ini dengan melakukan acara pelepasan pada tanggal 17 Agustus atau setiap tanggal 17  setiap bulan saat apel kesadaran. (Marselinus Molan/KominfoLembata)

No comment for Bupati Sunur Serukan Tingkatkan Kinerja, Realisasi Keuangan Baru 40 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.