Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Bupati Herin Buka Ret-Ret Agung Nasional THS-THM di Larantuka

Bupati Herin Buka Ret-Ret Agung Nasional THS-THM di Larantuka

(1219 Views) June 17, 2016 10:29 am | Published by | 1 Comment

Pembukaan THS-THMLARANTUKA, aksiterkini.com – “Saya patut berterima kasih karena telah memilih Kota Reinha Larantuka sebagai tempat pelaksanaan ret-ret agung tingkat nasional dan dunia. Dan saya sangat tertarik dengan tema kegiatan ini: THS-THM Berziarah ke Rahim Ema Reinha. Penegasan ini memerlukan kesiapan lahir bathin agar semua menjadi yang hidup bagi kehidupan”.

Hal ini disampaikan Bupati Flores Timur (Flotim), Yoseph Lagadoni Herin ketika membuka secara resmi Ret-Ret Agung Nasional Tunggal Hati Seminari (THS) – Tunggal Hati Maria (THM) di Frateran BHK Emaus Weri, Larantuka, Flotim, Kamis (16/06). Bupati Lagadoni hadir didampingi Wakil Bupati (Wabup) Flotim, Valentinus Tukan sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara ret-ret. Dari THS-THM juga hadir Dewan Pendiri dan Koordinator Nasional, dan Dewan Pelatih Nasional. Sementara dari Keuskupan Larantuka di wakili Ketua Komisi Kepemudaan, Romo F.X. Pei Hurint, Pr.

Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 16 Juni hingga 20 Juni 2016 ini, sesuai dengan tema, Lagaodoni Herin mengajak seluruh peserta untuk mendalami, memaknai, dan menghidupkan kalimat Bunda Maria “Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu” dengan merefleksi seberapa patuh berpasrah kepada Rahim Sang Bunda Agung itu.

Menurut keterangan panitia penyelenggara, kegiatan ret-ret agung ini dilaksanakan dalam rangka mensyukuri kehadiran organisasi THS yang ke-31 dan THM yang ke-30. Bermaksud menata system organisasi, mengevaluasi kurikulum dan standarisasi beladiri pencak silat, dan merumuskan kemandirian finasial organisasi, guna memfasilitasi pengkaderan calon kader dengan semangat “Pro Patria et Ecclesia.

Terkait dengan Tahun Kerahiman, kegiatan ini juga diharapkan seluruh kader THS-THM mencoba membuka diri untuk mengamalkan ajakan Gereja Katolik. Dan sebagai pengusung pencak silat yang adalah budaya bangsa, diharapkan upaya menjalin komunikasi dan relasi lintas agama, mengajak masyarakat memerangi radikalisme, terorisme dan narkotika.

Sekretaris Panitia, Yoseph Pehan Betan, ditemui aksiterkini.com di tenda sekretariat ret-ret, Kamis, (16/6) menyebut kepanitiaan ret-ret merupakan gabungan dari kader THS-THM Keuskupan Larantuka dan Keuskupan Maumere.

“Hingga saat ini, peserta yang sudah regist berjumlah 112. Ini di luar panitia sekitar 50 orang. Yang dari Maumere besok (Hari ini, Jumat, 17/6) baru bisa hadir, termasuk juga peserta dari Keuskupan Atambua dan Negara Timor Leste akan hadir di hari yang sama. Jadi total peserta termasuk panitia sekitar 200 orang. Terhitung utusan masing-masing Keuskupan se Indonesia 2 orang, utusan Keuskupan se NTT 12 orang, dan utusan anggota THS-THM tiap ranting se Kesukupan Larantuka masing-masing 5 orang,” sebut Pehan Betan. (rag)

Topik:
News:

1 Comment for Bupati Herin Buka Ret-Ret Agung Nasional THS-THM di Larantuka

  • Ans Hurint says:

    .. GLORIA ..
    Saatnya kita berbenah diri, merefleksi perjalanan organisasi beladiri pencak silat THS (30 thn) dan THM (29 thn).
    Perlu dilakukan penataan kembali organisasi ini melalui pendalaman iman masing2 kita khususnya bagi anggota THS-THM ..
    .. DEO GRACIAS ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.