Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Buka Forum E-Government Kabupaten/Kota Se-NTT, Ini Kata Gubenur Lebu Raya

Buka Forum E-Government Kabupaten/Kota Se-NTT, Ini Kata Gubenur Lebu Raya

(195 Views) April 19, 2018 3:44 am | Published by | No comment

Kepala Dinas Infokom Kabupaten Kota se-NTT pose bersama. (Foto: Sius Leumolong)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Forum E-Government tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur dibuka oleh Plh Sekda Lembata, Atanasius Amuntoda SE, MM atas nama Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, di Hotel Palem, Lewoleba, Kabupaten Lembata, Rabu (18/4/2018). Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan dampak siknifikan dalam segala aspek kehidupan, termasuk pemerintahan.

Gubernur Frans Lebu Raya dalam sambutan yang dibacakan PLH Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata, Atanasius Amuntoda SE, MM bahwa dalam mewujutkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, Pemerintah Republik Indonesia melakukan reformasi birokrasi yang mencakupi 8 (delapan) area perubahan. Yakni, penataan di bidang kelembagaan, penataan ketatalaksanaan, penataan SDM aparatur, penataan perundang-undangan, akuntabilitas kinerja, pengawasan, pelayanan publik serta perubahan pola pikir dan budaya kerja.

Reform (penataan kembali) tersebut membutuhkan sumberdaya yang mumpuni, koordinasi yang baik dengan berbagai kepentingan, membutuhkan dukungan fungsi, perencanaan, penganggaran, pengorganisasian dan sumber daya aparatur sebagai pelaksana kebijakan yang profesional dengan takaran efisien dan efektivitas pelaksanan tugas dan fungsi yang dipercayakan.

Karena itu, pemerintah memandang perlu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan e-goverment guna mendukung aktivitas-aktivitas diantaranya; aktivitas internal pemerintah, pemberian pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat, pemberian pelayanan dari pemerintah kepada kepada pelaku bisnis, pemebrian pelayanan dari pemerintah kepada pekerja.

Pemerintah juga berharap semoga implementasi E-Government  sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang tertuang dalam RPJPD dan RPJMD, yaitu melakukan reformasi birokrasi pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

Gubernur NTT pada momen ini juga mengajak semua komponen birokrasi untuk bekerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas untuk mewujutkan visi pembangunan Privinsi NTT yang maju, mandiri, adil dan makmur dalm bingkai Negara Republik Indonesia.

Peserta pertemuan Forum E-Government di Lewoleba, Lembata.

Dalam kegiatan ini, Panitia Penyelenggra Tingkat Provinsi dalam laporannya terkait tujuan dilaksanakan kegiatan forum E-Goverment adalah menyatukan visi dan misi penerapan dan pengembangan E-Goverment di provinsi dan kabupaten/kota se-NTT. Membentuk forum E-Goverment baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-NTT.

Adanya kesepakatan bersama antara provinsi dan kabupaten/kotaa se-NTT dalam rangka pengembangan E-Goverment di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-NTT sebagai rekomendasi bersama.

Tema kegiatan forum E-Goverment “Penerapan E-Goverment Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Yang Baik Dan Bersih”.

Pelaksanaan forum E-Goverment tahun 2018 akan terjadi dari tanggal 18 sampai 21 april 2018 bertempat di Hotel Palem, Lewoleba, Lembata yang dikuti oleh seluruh kepala dinas KOMINFO kabupafen/kota dan pejabat pengelola TIK provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT.

Adapun pembiayaan penyelenggaraan kegiatan Forum E-Goverment ini dibebankan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Komunikasi dan Infomatika Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gubernur Frans Lebu Raya melalui Plh Sekda Lembata Antonius Amuntoda juga Panitia Penyelenggara mengapresiasi dan menyambut kegiatan Forum E-Government sebagai forum yang strategis dalam berbagai kebijakan.

Pemerintah Lembata juga menyampaikan terima kasih dan selamat datang untuk seluruh peserta forum E-Government yang akan mengikuti kegiatan ini.(Sius Leumolong)

No comment for Buka Forum E-Government Kabupaten/Kota Se-NTT, Ini Kata Gubenur Lebu Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.