Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Buaya Laut Muncul, Ratusan Warga Memadati Pelabuhan Larantuka

Buaya Laut Muncul, Ratusan Warga Memadati Pelabuhan Larantuka

(5623 Views) December 23, 2016 10:11 am | Published by | No comment

Buaya muncul di permukaan air laut persis depan pelabuhan Larantuka. (Foto: Frank Lamanena)

LARANTUKA, aksiterkini.com – Jumad (23/12) pagi, masyarakat Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), dikejutkan dengan kemunculan seekor buaya laut di perairan selat Larantuka. Munculnya buaya ini, sontak menarik perhatian ratusan warga menuju Pelabuhan Laut Larantuka. Kemunculan buaya laut di Kota Larantuka merupakan fenomena langka.

Kehadiran aksiterkini.com sekitar pkl. 07:30 WITA, Pelabuhan Larantuka telah dipenuhi warga di segala sisi. Buaya itu terlihat berputar-putar mengitari tonggak-tonggak penyanggah pelabuhan. Warga tampak berebutan mengabadikan momen unik ini.

“Buaya ini tadi terlihat pertama kali di perairan Kelurahan Ekasapta sekitar pkl. 07:00 WITA. Karena tertarik, kami mengikutinya hingga tiba di sini (pelabuhan-Red). Banyak warga Ekasapta juga ikut,” terang Syukur Ratuloli (37), warga Ekasapta, ketika ditemui aksiterkini.com di Pelabuhan Larantuka.

Kemunculan buaya laut (Crocodylus porosus) ini tidak saja menarik warga untuk sekadar menyaksikan fenomena ini. Pantauan aksiterkini.com, tampak satu perahu kecil nelayan (body, sebutan nelayan Flotim untuk perahu jenis ini) berusaha mengikuti dan menangkapnya dengan melempar tali lasso ke arah moncong buaya setiap kali buaya itu muncul ke permukaan.

Tampak sebuah perahu motor mengikuti pergerakan buaya sembari coba menangkap buaya dengan tali.(Foto: Frank Lamanena)

Kurang lebih sekitar 30 menit, buaya ini “bermain-main” di kawasan Pelabuhan Larantuka disaksikan ratusan warga termasuk dalam incaran beberapa nelayan di atas body yang juga terdapat anak kecil. Beberapa warga justru sempat meneriaki agar nelayan-nelayan itu tak perlu mempertaruhkan keselamatan mereka hanya untuk menangkap buaya itu.

“Sebenarnya, setiap tahun selalu saja ada buaya melewati perairan ini dari arah Timur menuju Barat. Dan sudah tak terlihat lagi di perairan Kelurahan Pantai Besar. Biasanya cuma satu ekor saja. Mungkin juga suatu tanda akan terjadi suatu peristiwa,” tambah Syukur.

Berbeda dengan Syukur, seorang anggota Polres Flotim yang baru tiba bertujuan meminta gambar buaya, kepada aksiterkini.com menyebut buaya yang muncul merupakan salah satu buaya yang terlepas dari penangkarannya di Australia.

Warga Larantuka berbondong-bondong datang ke pelabuhan untuk menyaksikan kemunculan buaya laut. (Foto: Frank Lamanena)

“Sudah lebih dari setahun lalu terdapat sekitar 1.400-an buaya yang hilang dari penangkarannya di Australia. Sama juga dengan buaya-buaya yang muncul di Kupang beberapa bulan lalu dan memakan korban,” kata polisi yang kenakan seragam dinas ini.

Terkait hal ini, memang aksiterkini.com mencatat selama tahun 2016, tercatat beberapa kali kawasan Teluk Kupang terjadi serangan buaya, yakni 8 Februari, 22 Maret, dan 27 Juli.

Ternyata tak jauh berbeda seperti yang dikatakan Syukur tentang arah lintasan buaya itu. Sekitar pkl. 10:00 WITA, aksiterkini.com kembali menyaksikan buaya itu melintasi perairan Kelurahan Larantuka. Meski cukup jauh dari garis pantai hingga hanya terlihat sebagai garis kecil di permukaan laut, warga kembali memadati kawasan ini. Termasuk banyak kendaraan hentikan perjalanan sekadar untuk saksikan momen langka ini.(rag)

Topik:
News:

No comment for Buaya Laut Muncul, Ratusan Warga Memadati Pelabuhan Larantuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *