Menu Click to open Menus
Home » GELIAT DESA » Bethan Bakal Mulus Di Flotim, Derosari – Sunur Bersaing Pimpin Golkar Lembata

Bethan Bakal Mulus Di Flotim, Derosari – Sunur Bersaing Pimpin Golkar Lembata

(631 Views) April 5, 2017 2:46 am | Published by | 1 Comment

Nani Bethan

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Partai Golkar Flores Timur dan Lembata segera melaksanakan musyawarah daerah (MUSDA) untuk memilih ketua DPD II. Posisi Ketua DPD II Golkar Flores Timur, Yoseph Sani Bethan, ST diprediksi akan kembali terpilih. Sedangkan, di Lembata, Yohanes de Rosari akan bersaing dengan Eliaser Yentji Sunur, bupati terpilih Lembata.

Wakil Ketua DPD I Golkar NTT bidang Media Massa dan Penggalangan Opini, Laurensius Leba Tukan, ST yang dihubungi aksiterkini.com dari Lewoleba, Rabu (5/4/2017), menjelaskan bahwa dirinya akan mendampingi ketua DPD I Golkar NTT, Drs. Ibrahim A. Medah untuk menghadiri Musda di Flores Timur dan Lembata. “Besok pagi kami ke Larantuka. Dan, Bapak Iban Medah akan membuka musda di Flores Timur, dan siangnya ke Lewoleba untuk membuka kegiatan yang sama pada hari Jumat,” jelasnya.

Ditanya soal para calon ketua di Flores Timur dan Lembata, Laurensius Leba Tukan menjelaskan bahwa hal itu sangat tergantung pada pengurus kecamatan (PK). “Karena yang punya hak suara itu adalah PK. Di Flotim ada 19 PK dan Lembata 9 PK, ditambah organisasi sayap, DPD I dan DPD II. Suara terbanyak ada di PK,” ujarnya, diplomatis.

Dia mengakui bahwa wacana kembali tampilnya Yoseph Sani Bethan yang akrab disapa Nani Bethan untuk memimpin Golkar Flotim cukup deras. “Sejauh ini, yang kami dengar ya pak Nani Bethan masih tampil kembali. Belum ada nama lain yang beredar. Tapi, semua kader yang memenuhi syarat punya peluang yang sama, tergantung bagaimana mereka melakukan konsolidasi ke pengurus kecamatan yang punya hak suara,” tandasnya.

Yohanes de Rosari

Sementara itu, di Lembata, menurut dia, muncul juga nama Eliaser Yentji Sunur, selain Yohanes de Rosari. “Saat menerima surat rekomendasi untuk maju Pilkada, Pak Yentji Sunur menyatakan kesediaan dan kesiapan untuk masuk ke Golkar. Sehingga pak Yentji Sunur juga punya peluang jika bisa melakukan konsolidasi ke kecamatan-kecamatan,” ujar Lorensius Leba Tukan.

Dia mengakui bahwa Yentji Sunur terkendala pada massa keanggotaan. “Salah satu syarat adalah massa keanggotaan minimal lima (5) tahun. Dan, Pak Yentji baru masuk Golkar. Sedangkan, Pak Hoat (Yohanes de Rosari-Red) harus mendapatkan diskresi dari Ketua DPD I NTT untuk maju lagi, karena Golkar membatasi ketua DPD II hanya dua kali. Tapi, semuanya tergantung komunikasi, karena di beberapa kabupaten sudah mendapat diskresi untuk maju lagi,” ungkap dia.

Ketua Panitia Musda Golkar Lembata, Simplysius Lewerang, ST mengungkapkan bahwa berbagai persiapan pelaksanaan Musda di Lembata sudah beres. “Kamis (6/4/2017) besok, sudah dilaksanakan pra Musda yang dihadiri sekitar 200 orang, karena kami juga mengundang pengurus desa (PD) sekabupaten Lembata,” jelas dia.

Musda akan dilaksanakan pada hari Jumat (7/3/2017), dan para pengurus PD akan hadir sebagai peninjau. “Yang punya hak suara ada PK, dan semua PK akan menghadiri Musda Golkar ini,” tegasnya.

Disinggung soal adanya dukungan para pengurus PK kepada Yohanes de Rosari, Simplysius mengaku belum tahu soal itu. Bahkan, soal munculnya nama Eliaser Yentji Sunur pun dia belum bisa memberikan komentar karena mengaku belum tahu.

“Saya belum tahu siapa saja yang mau maju jadi ketua. Panitia hanya mempersiapkan hal-hal teknis untuk penyelenggaraan kegiatan Musda Golkar ini,” ucap dia.(fredy wahon)

1 Comment for Bethan Bakal Mulus Di Flotim, Derosari – Sunur Bersaing Pimpin Golkar Lembata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *