Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » Belum Ada Petunjuk Kapan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih

Belum Ada Petunjuk Kapan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih

(799 Views) March 14, 2017 6:51 pm | Published by | No comment

Elias Hali Lanan

Kupang, aksiterkini.com – Hasil pemilu Kepala Daerah tanggal 15 Pebruari 2017 lalu hingga hari ini belum resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing masing daerah. Selain itu, belum dipastikan kapal jadwal pelantikan para kepala daerah hasil Pilkada tersebut.

KPU masing-masing daerah baru akan menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon pemenang pada tanggal 15 Maret 2017, itu pun hanya untuk kabupaten/kota dan provinsi yang tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT, Elias Hali Lanan di Kupang, Selasa, 14 Maret 2017 menjelaskan, hingga hari ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri soal itu.

“Kita hanya tunggu saja jadwalnya, kapan pelantikan kepala daerah. Kita di NTT kan ada tiga yakni Kota Kupang, Flores Timur dan Lembata. Bisa saja dilaksanakan serentak seperti tahun lalu untuk lima Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dilaksanakan serentak di Kupang,” katanya.

Ditanya, jika pelantikannya terjadi pada akhir tahun, bagaimana dengan Kota Kupang dimana jabatan Walikotanya berakhir tanggal 1 Agustus, Hali Lanan menjelaskan, jika memang pelantikan baru akan dilakukan akhir tahun, maka akan ada Penjabatan Walikota Kupang.

Sedangkan untuk Lembata dan Flotim lanjutnya, kedua penjabat akan terus menjabat hingga usai pelantikan bupati definitif.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya sebelumnya mengatakan, ada informasi kalau pelantikan para kepala daerah seluruh Indonesia hasil Pilkada 15 Pebruari 2017 akan dilaksanakan serentak. Untuk para Gubernur akan dilantik oleh Presiden terpusat di Jakarta, sedangkan para Bupati dan walikota akan dipusatkan di ibu kota Provinsi masing-masing.

“Memang belum ada informasi pasti, tapi yang saya dengan kemungkinan akan dilaksanakan serentak pada 17 Desember 2017 mendatang,” kata Lebu Raya kepada NTTsatu.com beberapa hari lalu. (*/at01)

Topik:
News:

No comment for Belum Ada Petunjuk Kapan Pelantikan Kepala Daerah Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *