Menu Click to open Menus
Home » POLKAM » BAWASLU NTT: Kami Tidak Terganggu Dengan Kedatangan Tiga Pejabat Flotim Itu !

BAWASLU NTT: Kami Tidak Terganggu Dengan Kedatangan Tiga Pejabat Flotim Itu !

(912 Views) June 7, 2016 2:44 pm | Published by | No comment
Formasi2

Dialog Bawaslu NTT dengan Formasi Pilkada Flotim

KUPANG, aksiterkini.com – Ketua Bawaslu NTT, Nelce Ringu kembali menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak terpengaruh dengan kedatangan tiga pejabat birokrasi Pemkab Flores Timur. Bawaslu NTT tetap akan bersikap independen, kendati ada upaya untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

Hal ini disampaikan  ketua Bawaslu NTT, Nelce Ringu ketika berdialog dengan Forum Mahasiswa Peduli (FORMASI) Pilkada Flotim, Selasa (7/6/2016) di kantor Bawaslu NTT. Ini merupakan pertemuan kedua, setelah sehari sebelumnya hanya diterima Nelce Ringu dan Yoppy Benu. Pertemuan Formasi dan Bawaslu yang kedua kalinya ini dihadiri tiga anggota Bawaslu NTT, termasuk Jemris Fointuna, yang sehari sebelumnya tidak nongol. Pun, hadir ketua panitia seleksi, Dr. Jhon Tuba Helan, SH, MH.

Aktivis Formasi Pilkada Flotim merisaukan kehadiran tiga orang pejabat teras Pemkab Flotim –Sekda Flotim, Anton Tonce Matutina, BA, SH, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Fidelis Larantukan, dan Inspejtur Daerah, Akhmad Betan— di Bawaslu NTT akan mempengaruhi keputusan soal keanggotaan Panwas Pilkada Flotim. Pasalnya, ketiga pejabat itu mempersoalkan rekomendasi yang dikantongi salah seorang calon anggota panwas, Rofin Kopong Teron, SH dari Bupati Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos.

Gagal meminta Bawaslu NTT menggugurkan Rofin Kopong Teron, Sekda Flotim Anton Tonce Matutina menggelar jumpa pers di Larantuka dan hanya melibatkan seorang wartawan harian terbitan Kupang. Tak tanggung-tanggung, Sekda mengklaim surat rekomendasi yang dikeluarkan Bupati Herin adalah palsu. Alasannya, surat rekomendasi itu bernomor khusus dan tidak ada paraf pejabat terkait. Lagi pula, Wakil Bupati Valens Tukan sudah mengeluarkan surat penolakan atas permohonan rekomendasi dari Rofin Kopong.

Belakangan, Bupati Herin menyatakan surat itu sah dan dia sendiri yang menandatanganinya sebagai pejabat yang berwenang untuk itu. Dia bahkan sudah menjelaskan langsung kepada Bawaslu NTT soal keabsahan surat rekomendasi yang dikeluarkannya.

Bawaslu NTT menegaskan bahwa mereka adalah lembaga independen yang tidak akan terpengaruh dengan siapapun. “Memang ada gangguan sih terhadap integritas, tapi kami tidak terganggu, karena kami kerja profesional dan lembaga ini adalah lembaga independen,” tegas Ringu.

Pada kesempatan dialog itu, ketua pansel Dr.  Jhon Tuba Helan, SH, MH menjelaskan bahwa masa kerjanya sudah berakhir. Dirinya menghadiri pertemuan dengan Formasi merupakan tanggung jawabnya terhadap persoalan tersebut. “Sebagai akademisi dan pemerhati Pilkada saya mau mengatakan bahwa sudah tahu lembaga Bawaslu independen, kenapa mereka (tiga pejabat Flotim-Red) datang dan mempengaruhi,” ujarnya, prihatin.

Anggota Formasi Pilkada Flotim, Thomas Tukan memberikan warning kepada Bawaslu bahwa seandainya prosesnya tidak benar dan keluar dari independensi lembaga, dia mengancam akan melaporkan Bawaslu NTT ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Di akhir dialog, Ringo mengapresiasi kontrol yang dilakukan oleh Formasi. “Ya, ini kan lembaga publik, wajarlah kita dikritisi. Dan ini hal yang positif,” ujarnya.(osy)

Topik:
News:

No comment for BAWASLU NTT: Kami Tidak Terganggu Dengan Kedatangan Tiga Pejabat Flotim Itu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.