Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Bangun Kapela Santu Yosep Waikilok, Wabup Lembata Patok OPD Sumbang 15 Sak Semen

Bangun Kapela Santu Yosep Waikilok, Wabup Lembata Patok OPD Sumbang 15 Sak Semen

(174 Views) July 13, 2018 1:56 am | Published by | No comment

Wabup Thomas Ola meletakan batu pertama pembangunan Kapela Santu Yosef Waikilok. (Foto: Dok Kominfo)

LEWOLEBA, aksiterkini.com – Panitia Pembangunan Kapela Santu Yosef Waikilok di Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata boleh tersenyum sumringah. Bagaimana tidak? Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola, SE, MSi mematok setia Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyumbang 15 sak semen.

Sumbangan yang seakan diwajibkan ini disampaikan dalam nada guyon oleh Wakil Bupati Lembata, tapi langsung diamini para pimpinan OPD sebagai bentuk syukur atas apa yang diterima selama menjadi pejabat di Lembata.

Di hadapan Panitia dan umat Waikilok, Wabup Thomas Ola menyatakan pimpinan OPD yang hadir adalah orang-orang baik yang selama ini sudah banyak menerima dan saat ini mereka pasti akan memberi.

“Mereka juga bukan memberi dari kelebihannya namun mereka memberi dari kekurangannya. Semoga Tuhan Yang Maha Murah akan melipatgandakan apa yang diberikannya kembali pada mereka dari hari ke hari,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Thomas Ola juga memastikan  akan ada 100 sak semen yang disumbangkan untuk memulai pembangunan kapela tersebut.

Ikut memberi sambutan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lembata, Izak Suleman,S.Ag. Dia mengharapkan agar pembangunan kapela di wilayah Waikilok dapat membantu umat yang ada di sekitarnya untuk beribadah memuji Tuhan yang diimaninya. “Dengan iman yang kuat dan teguh dapat membentengi umat dari praktek hidup yang bertentangan dengan ajaran agama, yakni penjudian, minuman keras dan perzinahan.”

Sebagai Kepala kementrian Agama di Lembata, dia bersama jajaran mendukung penuh sejak  awal  rencana pembangunan Kapela di Waikilok. “Sebagai bentuk dukungan pihaknya telah mengajukan proposal dari Panitia Pembangunan kepada pihak Konferensi Wali Gereja Indonesia di Jakarta dan mudahan-mudahan ini menjadi prioritas dan diberikan bantuan.”

Mengakhiri sambutan, dirinya mengatasnamai istri dan anak-anaknya membantu 20 sak semen untuk pembangunan kapela tersebut.

Sebagaimana diliput di lokasi kegiatan, pembangunan Kapela St Yosef Waikilok diawali dengan misa bersama dipimpin pastor paroki Santa Maria Baneaux Lewoleba, Romo Blasius Kleden, Pr dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola,SE,M.Si, Kepala Kementrian Agama Izak Sulaiman,S.Ag, diikuti pastor paroki Lewoleba mewakili Deken Lembata dan Ketua Forum kerunanan antar umat beragama  Yakobus Kia, BA.

Ditanya soal syarat-syarat mendirikan rumah ibadat, ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama, Kobus Kia menyatakan, dari sisi aturan harus ada 90 kepala keluarga yang akan memanfaatkan rumah ibadah dan dari 90 KK tersebut 60 kepala keluarga di sekitarnya harus merestui berdirinya sebuah rumah ibadah.

Syarat lain, jelas Kobus Kia, adalah adanya rekomendasi dari Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, rekomendasi dari Kepala Kantor Kementrian Agama, dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Daerah. Terhadap berbagai syarat tersebut pihaknya telah  mengutus petugas ke lokasi dan telah memenuhi sayarat untuk didirikannya Kapela tersebut.(M.Molam/Kominfo)

No comment for Bangun Kapela Santu Yosep Waikilok, Wabup Lembata Patok OPD Sumbang 15 Sak Semen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.