Menu Click to open Menus
Home » DESTINASI » Balauring Jadi Kampung Pelangi, Diresmikan Bupati Sunur

Balauring Jadi Kampung Pelangi, Diresmikan Bupati Sunur

(387 Views) May 3, 2018 7:58 am | Published by | No comment

BALAURING, aksiterkini.com – Kampung nelayan di Pesisir Desa Balauring, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata,  Selasa (2/5) siang itu tampak berwarna warni.  Padahal sebelumnya,  perkampungan nelayan itu terkesan kumuh. Perkampungan nelayan itu berubah menjadi kampung penuh warna. Usai apel peringatan hari pendidikan Nasional,  Bupati Eliazer Yentji Sunur pun meresmikan kampung yang diberi nama kampung Nelayan Tuna Pelangi. 

Disaksikan wartawan, Selasa (2/5), perkampungan nelayan itu tampak bersinar. Sejumlah perabotan rumah yang dahulu berserakan tak teratur kini semakin rapi. Jembatan titian (jety) sepanjang 50 meter,  dicat penuh warna di bagian titiannya. Rumah-rumah panggung yang dibangun diatas permukaan laut meski berdinding bambu tetapi sudah dicat berwarna warni.

Kampungberaneka  nelayan ini sehari-harinya memiliki keunikan menangkap ikan Tuna dengan menggunakan layang-layang. Layaknya kampung nelayan lain yang sederhana, kampung  sangat semarak penuh warnah.  Dinding rumah dan bagian atapnya dicat warna. Meski sebagian besar rumah sudah selesai dicat namun sebagian lainnya masih dengan kondisi yang lama.  Berkesan masih  Kusam.  

Bupati Lembata,  Eliazer Yentji Sunur ketika meresmikan kampung nelayan Tuna Pelangi kepada wartawan,  Selasa (2/5) mengatakan, “Kita menata kawasan ini menjadi kawasan yang sehat,  tertata dengan rapi. Kita mau ajarkan mereka untuk menata lingkungan dengan baik, indah dan sehat.  Kita coba dengan mencorat coret warna ini menjadi ciri khas. Ini perkampungan nelayan yang setiap hari bekerja mencari ikan. Tetapi harus menjaga kerapian,  keindahan dan kesehatan. Kalau sudah lelah di laut,  jangan sampai kacau di darat karena kondisi rumah yang tidak tertata rapi dan indah.  Kalau sudah begini kan indah.  Kerja capek,  tetapi akan terhibur dengan kondisi rumah dan lingkungan yang indah.  Itu yang coba kita kembangkan.”

Sementara itu Sulaiman Hamzah,  warga kampung Pelangi mengaku makin bersemangat tinggal di perkampungan ini. “Saya merasa makin semangat tinggal di kampung ini.  Kami juga makin semangat untuk bekerja,” ujar Hamzah. (San Taum)

No comment for Balauring Jadi Kampung Pelangi, Diresmikan Bupati Sunur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.